PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY KELAS VIII MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL(Studi Eksperimentasi 2015)

ULIL ABSOR, NIM 11420083 (2015) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY KELAS VIII MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL(Studi Eksperimentasi 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY KELAS VIII MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL(Studi Eksperimentasi 2015))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY KELAS VIII MTs NEGERI GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL(Studi Eksperimentasi 2015))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini keberhasilan tujuan pembelajaran bahasa Arab tergantung pada cara perlakuan dan kreatifitas guru, sarana prasarana, metode, strategi pembelajaran, materi, dan peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil pengamatan terkait pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Gubukrubuh Gunungkidul, kegiatan pembelajaran bahasa Arab masih terpusat kepada guru. Artinya guru yang berperan aktif sedangkan peserta didik cenderung pasif ketika menerima pelajaran. Peserta didik merupakan individu yang beragam tingkat intelektualis, kemampuan, minat dan bakatnya. Dan guru merupakan profesi yang memerlukan keahlian khusus dalam mengembangkannya, (khususnya pelajaran bahasa Arab). Hal tersebut sudah menjadi tugas seorang guru untuk selalu mempunyai kreatifitas dalam merancang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi Two Stay Two Stray dalam pembelajaran bahasa Arab dan kelas kontrol yang menggunakan metode klasik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Gubukrubuh, sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Tidak ada perbedaan minat belajar bahasa Arab peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai t hitung adalah 0,329. Dan dilihat dengan pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,025) hasil diperoleh untuk t tabel (df = 31) sebesar 2,040. Karena t hitung < t tabel (0,329 < 2,040), maka ho diterima. Kedua, nilai mean pre_test kelas eksperimen memperoleh sebesar 78.9062 dan kelas kontrol sebesar 82.3438. Sedangkan mean post_test memperoleh nilai sangat signifikan berbeda yaitu kelas eksperimen sebesar 89.5312 dengan peningkatan sebesar 10.6250. Adapun kelas kontrol sebesar 86.7188 dengan peningkatan sebesar 4.6875. Dan berikut hasil uji T nilai pre_test dan post_test kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa tobservasi > ttabel, (disetujui) sehingga diperoleh tobservasi sebesar 3.715 dan ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 5% . Yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol melalui strategi Two Stay Two Stray pada pembelajaran bahasa Arab (Al-Qiro’ah) di kelas VIII MTs Negeri Gubukrubuh tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Keterlibatan siswa, strategi pembelajaran, minat belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan siswa, strategi pembelajaran, minat belajar bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:17
Last Modified: 12 Aug 2015 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum