PELAKSANAAN PERJANJIAN KONSINYASI ANTARA SUPLIER DENGAN DISTRIBUTOR (STUDI DI HAMZAH BATIK MALIOBORO YOGYAKARTA)

MAMNUNAH, NIM. 10340159 (2015) PELAKSANAAN PERJANJIAN KONSINYASI ANTARA SUPLIER DENGAN DISTRIBUTOR (STUDI DI HAMZAH BATIK MALIOBORO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN KONSINYASI ANTARA SUPLIER DENGAN DISTRIBUTOR (STUDI DI HAMZAH BATIK MALIOBORO YOGYAKARTA))
10340159_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN KONSINYASI ANTARA SUPLIER DENGAN DISTRIBUTOR (STUDI DI HAMZAH BATIK MALIOBORO YOGYAKARTA))
10340159_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konsinyasi merupakan suatu perjanjian dimana pihak yang memiliki barang meyerahkan sejumlah barang kepada pihak tertentu untuk dijualkan dengan memberikan komisi, perjanjian kerja sama konsinyasi pada perkembangannya banyak diterapkan oleh para pelaku usaha baik skala kecil, menengah, dan perusahaan besar sekalipun. Hamzah Batik Malioboro merupakan salah satu toko di Yogyakarta yang menjual batik dan barang hasil kerajinan dengan menggunakan sistim konsinyasi, banyak pengrajin menitipkan hasil kerajinannya ke Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta untuk mendapatkan kenyamanan dan kepastian produk mereka laku dipasaran karena Hamzah Batik Malioboro sudah cukup terkenal. Penelitian ini menfokuskan pada masalah apakah pelaksanaan perjanjian konsinyasi di Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta sudah sesuai dengan asas-asas hukum perjanjian serta bagaimana perlindungan hukum bagi supplier akibat kerusakan barang yang diakibatkan oleh konsumen atau lamanya waktu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan penelitian langsung di Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan normatif empiris yaitu penelitian hukum mengenai pemberlakuan ketentuan hukum normatif secara in-action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi di masyarakat. Dalam menganalisa data dari hasil penelitian ini yang dilakukan adalah mengolah data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisa secara kualitatif dan kemudian dilakukan pembahasan yang pada akhirnya menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian konsinyasi di Hamzah Batik Malioboro didasari aspek yuridis melalui perjanjian tidak tertulis dalam bentuk kesepakatan secara lisan. Meskipun mengenai hal-hal pokok dalam perjanjian konsinyasi di Hamzah Batik tidak dituangkan dalam perjanjian tertulis, bentuk perjanjian tersebut merupakan perjanjian standar karena hal-hal pokok dalam perjanjian ditentukan oleh satu pihak yang posisinya lebih kuat, yaitu Hamzah Batik. Ada dominasi sepihak dari Hamzah Batik Malioboro dalam pelaksanaan perjanjian konsinyasi di Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta yang terlihat dari penentuan harga pokok terhadap supplier dan hal itu tidak sesuai dengan asas kepastian hukum dan asas persamaan hak. Perlindungan hukum yang diberikan kepada supplier apabila terjadi kerusakan barang diakibatkan kesalahan konsumen yang tidak diketahui atau lamanya waktu adalah dalam bentuk penerimaan kembali barang yang tidak terjual karena kerusakan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. MISBAHUL MUJIB, S.Ag., M.Hum. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Aug 2015 09:05
Last Modified: 12 Aug 2015 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum