PERLINDUNGAN HUKUM HAK ATAS INFORMASI DAN KEAMANAN DALAM MENGKONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG ZAT PEWARNA TEKSTIL RHODAMIN B BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA YOGYAKARTA

SITI FATIMAH, NIM. 10340174 (2015) PERLINDUNGAN HUKUM HAK ATAS INFORMASI DAN KEAMANAN DALAM MENGKONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG ZAT PEWARNA TEKSTIL RHODAMIN B BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM HAK ATAS INFORMASI DAN KEAMANAN DALAM MENGKONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG ZAT PEWARNA TEKSTIL RHODAMIN B BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA YOGYAKARTA)
10340174_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM HAK ATAS INFORMASI DAN KEAMANAN DALAM MENGKONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG ZAT PEWARNA TEKSTIL RHODAMIN B BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA YOGYAKARTA)
10340174_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia agar dapat mengerjakan aktifitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa makan dan minum manusia tidak akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Teknologi pengolahan makanan dewasa ini berkembang cukup pesat termasuk di Indonesia.Walaupun teknik pengolahan makanan telah berkembang pesat, makanan yang di konsumsi juga harus aman bagi keselamatan dan kesehatan jasmani maupun rohani. Makanan yang akan didistribusikan harus memenuhi persyaratan kualitas, penampilan, dan cita rasa. Namun, telah terjadi penyalahgunaan pemakaian pewarna untuk bahan makanan.Banyak produsen yang menggunakan pewarna tekstil untuk berbagai produk makanan. Pewarna tekstil yang banyak digunakan oleh produsen makanan adalah rhodamin B. Berangkat dari kejadian tersebut, penyusun ingin meneliti lebih jauh mengenai perlindungan hukum hak atas informasi dan keamanan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pewarna tekstil rhodamin B berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka penyusun menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) studi kasus yaitu penelitian langsung yang penyusun lakukan secara intensif, terinci dan mendalam pada Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Yogyakarta, Balai POM DIY, dan Lembaga Konsumen Yogyakarta. Sifat penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yang merupakan suatu pendekatan yang mengacu norma-norma hukum perlindungan konsumen yang berlaku dan teori-teori perlindungan konsumen yang ada kemudian dikaitkan dengan perlindungan hukum hak konsumen atas informasi dan keamanan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pewarna tekstil rodhamin B yang dilakukan dalam praktek lapangan berdasarkan peraturan yang berlaku. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai cara yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Yogyakarta, Balai POM DIY dan Lembaga Konsumen Yogyakarta dalam rangka melindungi hak konsumen yaitu dengan mengadakan penyuluhan di sekolah-sekolah maupun perkumpulanperkumpulan, pengawasan pada pedagang asongan, fasilitas pengaduan konsumen baik secara langsung maupun melalui media elektronik dan pemberian sanksi terhadap pelaku usaha yang melanggar. Hambatan yang ditemui adalah yaitu keterbatasan anggaran untuk menyelenggarakan kegiatan yang telah diagendakan sehingga ada kegiatan yang tidak terlaksana, sistem birokrasi yang masih berbelitbelit sehingga tindak lanjut terhadap pelaku usaha yang melanggar tidak dapat dilaksanakan dengan cepat, tingakat kesadaran konsumen yang masih rendah terhadap kesehatan konsumen itu sendiri, dan masih banyaknya pelaku usaha yang lebih mementingkan sisi keuntungan semata tanpa memperhatikan kesehatan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ISWANTORO, S.H., M.H. 2. MANSUR, S. Ag., M.Ag.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Aug 2015 09:19
Last Modified: 12 Aug 2015 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum