STRATEGI KAMPANYE ANGGOTA LEGISLATIF DPRD KABUPATEN BANTUL DAPIL V PADA PILEG 2014

FITRIYANI SUBEKTI, NIM. 11370068 (2015) STRATEGI KAMPANYE ANGGOTA LEGISLATIF DPRD KABUPATEN BANTUL DAPIL V PADA PILEG 2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KAMPANYE ANGGOTA LEGISLATIF DPRD KABUPATEN BANTUL DAPIL V PADA PILEG 2014)
11370068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KAMPANYE ANGGOTA LEGISLATIF DPRD KABUPATEN BANTUL DAPIL V PADA PILEG 2014)
11370068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Daerah Pilihan lima terdapat kenyataan menarik dimana anggota legislatif yang baru pertama mencalonkan sebagai anggota legislatif mendapat sambutan baik dari masyarakat, ini terbukti dengan perolehan suara terbanyak. Hal ini berbeda dengan anggota legislatifincumbent yang mendapat suara yang tidak terlalu signifikan walaupun tetap menang. Penelitian ini berupaya menjelaskan strategi kampanye yang digunakan anggota legislatif dapil V (Sugeng Sudaryatna) yang memperoleh suara terbanyak dari masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun data yang berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah informasi yang diperoleh melalui interview dan observasi, sedangkan data sekunder dihimpun dari berbagai temuan berupa literatur, dokumen atau catatan-catatan yang berhubungan dengan penelitian. Penyusun menggunakan pendekatan sosial politik dan dianalisis dengan menggunakan teori marketing politik Islam. Hasil penelitian adalah strategi yang digunakan oleh kedua anggota legislatif adalah a. Sugeng Sudaryatna: 1. pembentukkan tim sukses, 2. Sosial Kemasyarakatan (silaturahmi, simpati). b. Sadji: 1. Hablum Min allah, 2. Hablum Min-annas (sosial agama, sosial kemasyarakatan). Tidak semua strategi yang digunakan oleh anggota legislatif sesuai dengan marketing politik Islam. Hal ini bisa dilihat salah satu strategi sosial agama berupa ceramah dan khutbah tidak sesuai dengan nilai humanistis. Strategi yang lebih humanis yaitu memperlakukan manusia sebagaimana mestinya tampa membedakan agama atau berfokus pada masyarakat tertentu. Strategi pemenangan politik yang digunakan terkesan mengedepankan orang-orang yang seagama. Sedangkan strategi yang paling efektif di daerah pilihan V adalah strategi yang mengembangkan sosial kemasyarakatan. Strategi yang humanis tampa membedakan agama dan status yang ada di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anggota Legislatif, Strategi Kampanye dan Marketing Politik Islam.
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Aug 2015 18:34
Last Modified: 12 Aug 2015 18:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum