PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI MASA KANAKKANAK USIA 4-6 TAHUN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

HUSNI TAMRIN, NIM. 08470146 (2015) PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI MASA KANAKKANAK USIA 4-6 TAHUN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI MASA KANAKKANAK USIA 4-6 TAHUN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
08470146_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK PEREMPUAN DI MASA KANAKKANAK USIA 4-6 TAHUN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
08470146_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah urgensi pendidikan di masa kanak-kanak usia 4 – 6 tahun bagi anak perempuan menurut perspektif Islam dan peran orang tua dalam mendidik anak perempuan di masa kanakkanak usia usia 4 – 6 tahun menurut perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) urgensi pendidikan di masa kanak-kanak usia 4 – 6 tahun bagi anak perempuan menurut perspektif Islam, dan 2) peran orang tua dalam mendidik anak perempuan di masa kanak-kanak usia usia 4 – 6 tahun menurut perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data didapatkan dengan cara mengkaji sumber primer dari buku-buku utama yang dirujuk dalam tulisan ini serta sumber sekunder berupa buku, jurnal atau hasil penelitian. Buku primer yang diteliti yaitu 1) buku Hannan Athiyah Ath Thuri, Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak-kanak (Terjemahan Aan Wahyudin), Penerbit Amzah Jakarta tahun 2007; 2) buku Abdul Mun’im Ibrahim, Mendidik Anak Perempuan, penerbit GEMA INSANI, Jakarta tahun 2005; 3) buku Mansur, Pendidikan Anak usia dini dalam Islam . Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta tahun 2005; 4) buku Zakiah Deradjat, Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia. Penerbit Bulan Bintang, Jakarta tahun 1971.Hasil kajian disusun secara sistematis guna menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: pertama, urgensi pendidikan di masa kanak-kanak usia 4 – 6 tahun bagi anak perempuan menurut perspektif Islam didasarkan pada tantangan pendidikan yang dihadapi umat Islam berupa: 1) budaya materialisme, liberalisme dan peran ganda perempuan, 2) problem yang dihadapi anak perempuan, 3) potensi anak perempuan , dan 4) pendidikan karakter dalam pengasuhan anak perempuan . Kedua, peran ayah kepada anak perempuan tidak hanya memberi nafkah, tetapi juga mengasuh, mendidik, dan memberi teladan. Peran ibu terhadap anak telah diambil dan dimainkannya dalam merawat dan mengasuhnya.Pendidikan yang utama bagi anak usia 4-6 tahun adalah membentuk adab.Peran ibu dalam mendidik anak-anaknya sangat menonjol karena ibu sejatinya telah mulai mendidik anak sejak anak masih di dalam kandungan, melahirkan, memelihara, menyapih dan membimbing dengan penuh kasih sayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto M.SI,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anak Perempuan, Ayah, Ibu
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Aug 2015 09:18
Last Modified: 13 Aug 2015 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16852

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum