PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI PONDOK PESANTREN ASH SHOLIHAH SLEMAN YOGYAKARTA

AKHMAD RIDWAN, NIM. 09470102 (2015) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI PONDOK PESANTREN ASH SHOLIHAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI PONDOK PESANTREN ASH SHOLIHAH SLEMAN YOGYAKARTA)
09470102_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI PONDOK PESANTREN ASH SHOLIHAH SLEMAN YOGYAKARTA)
09470102_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (965kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam berjalannya sebuah lembaga pendidikan, dengan tidak adanya kurikulum yang jelas maka keberlangsungan pendidikan dalam suatu lembaga maka tidak akan berjalan dengan baik.Kurikulum yang dimaksud disini adalah kurikulum yang mampu menjadikan atau mengantarkan para siswa memiliki keterampilan hidup. kurikulum yang tidak berbasis pada kecakapan hidup akan menjadikan siswanya tidak siap untuk terjun ke dunia nyata ketika mereka sudah keluar dari sebuah lembaga. Bentuk kecakapan hidup itu sangat bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing lembaga pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan kurikulum berbasis kecakapan hidup dan sepertiapahasil yang ingindicapai dari kurikulum berbasis kecakapan hidup di pondok pesantren Ash Sholihah Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, pengurusdan para santripondok pesantren Ash Sholihah Sleman Yogyakarta. Metode analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, pengujian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pondok Pesantren Ash Sholihah menerapkan kurikulum kecakapan hidup (life skills) meliputi kecakapan kejuruan (vokasional), kecakapan mengenal diri (personal skills), kecakapan berfikir rasional, kecakapan sosial (social skills). Adapun hasil dari kurikulum kecakapan hidup yang di terapkan di pondok pesantren ini antara lain : Dalam setiap tahun sebagian santri dari pondok pesantren ini mampu menghafal 30 juz, Memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, memiliki keterampilan dalam budi daya ikan, memiliki keterampilan peternakan ayam, memiliki keterampilan perdagangan (koperasi pondok pesantren), dan memiliki keterampilan usaha loundry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Wiji Hidayati, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Kecakapan Hidup (LifeSkills). Pondok Pesantren Ash Sholihah Sleman
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Aug 2015 03:02
Last Modified: 13 Aug 2015 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16853

Actions (login required)

View Item View Item