PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS DI KAMPUNG PUJOKUSUMAN RW 05, YOGYAKARTA)

AZMIA NAUFALA ZAHRA, NIM. 11250089 (2015) PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS DI KAMPUNG PUJOKUSUMAN RW 05, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS DI KAMPUNG PUJOKUSUMAN RW 05, YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS DI KAMPUNG PUJOKUSUMAN RW 05, YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Peran Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga kini telah menjadi suatu aktivitas dan kegiatan yang sering dijumpai, terutama di kampung Pujokusuman RW 05. Mereka, para Ibu Rumah Tangga, kini berperan sebagai pencari nafkah tambahan bagi keluarganya. Ada beberapa alasan yang membuat Ibu Rumah Tangga bekerja, seperti memanfaatkan keahlian, memanfaatkan ketrampilan, karena suami tidak bekerja dan alasan single parent yang disandangnya. Namun, meskipun demikian alasan dan tujuan utama mereka bekerja tetaplah untuk menambah peningkatan ekonomi keluarga, sehingga mereka para Ibu Rumah Tangga sering disebut memiliki dua peran sekaligus, yaitu sebagai Ibu Rumah Tangga dan juga bekerja. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini, yaitu bagaimana peran Ibu Rumah Tangga di Kampung Pujokusuman RW 05 dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga serta kendala dan cara mengatasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan ekonomi keluarga mereka, serta kendala apa saja yang mereka hadapi saat menjalankan perannya tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, dimana dalam mencari data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dalam menentukan informan, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan setelah itu menganalisis data yang telah terkumpul dengan tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tersebut, yaitu peran Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga tidak hanya sebatas perannya di dalam ekonomi saja, namun mereka juga tetap menjalankan perannya sebagai istri, ibu, dan juga anggota masyarakat. Peran-peran tersebut harus bisa mereka bagi agar terjadi keseimbangan sehingga terwujud suatu kesejahteraan keluarga. Kendala-kendala yang muncul akibat peran sebagai Ibu Rumah tangga dan juga bekerja hanya terkendala pada waktu dan anak mereka, sehingga bagaimanapun Ibu Rumah Tangga ini harus bisa manajemen waktu agar semua urusan rumah tangga maupun bekerja dapat berjalan dengan baik. Kata kunci: peran, Ibu Rumah Tangga, bekerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: peran, Ibu Rumah Tangga, bekerja
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:38
Last Modified: 13 Aug 2015 05:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item