PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP TUMBUH KEMBANG PSIKOSOSIAL ANAK KLIEN DI PANTI SOSIAL BINA KARYA SIDOMULYO YOGYAKARTA

ERNI WIDAYANTI, NIM. 11250073 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP TUMBUH KEMBANG PSIKOSOSIAL ANAK KLIEN DI PANTI SOSIAL BINA KARYA SIDOMULYO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP TUMBUH KEMBANG PSIKOSOSIAL ANAK KLIEN DI PANTI SOSIAL BINA KARYA SIDOMULYO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP TUMBUH KEMBANG PSIKOSOSIAL ANAK KLIEN DI PANTI SOSIAL BINA KARYA SIDOMULYO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Lingkungan terhadap tumbuh kembang psikososial anak klien di panti Sosial Bina Karya Sidomulyo Yogyakarta yaitu pengaruh atau daya yang ditimbulkan oleh keadaan lingkungan hidup anak terhadap tumbuh kembang psikososial anak. Dalam hal ini anak yang merupakan anak dari klien gepeng yang berada di panti, yang tentu mereka hidup dalam tiga lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan panti dan lingkungan jalanan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pengaruh lingkungan terhadap tumbuh kembang psikososial anak di PSBK, dan untuk mengetahui respon orang tua terhadap tumbuh kembang psikososial anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Wawancara ditujukan kepada klien yang memiliki anak, pekerja sosial, anak gepeng dan pembimbing TPA di PSBK. Serta observasi yang dilakukan adalah observasi kegiatan warga binaan gepeng, baik orang tua maupun anak. Hasil penelitian ini yaitu 3 pengaruh lingkungn yang paling dominan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak yaitu lingkungan keluarga, kemudian lingkungan panti dan lingkungan jalanan. Lingkungan keluarga yang memiliki pengaruh lebih besar karena orang tua anak tidak dapat mengasuh anak dengan baik, orang tua anak tersebut sering melakukan kekerasan fisik terhadap anak, memarahi anak dengan kata-kata kasar. Lingkungan tersebut sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang psikososial anak. Seperti Perkembangan kognitif dan moral dari ketiga anak tersebut memiliki kemampuan yang di bawah standar. Respon dari ketiga orang tua tersebut juga terdapat dua respon yaitu respon positif dan respon negatif, di mana respon positif dari orang tua terlihat dari beberapa orang tua yang masih mau mengajari anaknya belajar, masih mau menasehati anak, ada pula orang tua yang telah memiliki perencanaan mengenai pendidikan anaknya. Sedangkan respon negatifnya yaitu orang tua kurang mampu mengasuh anak dengan baik, karena mereka memberikan kekerasan fisik terhadap anak, menggunakan kata-kata kasar ketika marah dengan anak, ada orang tua yang tidak mengajari anaknya belajar, dan melibatkan anak ketika memulung. Dari ketiga lingkungan yang mengelilingi anak, lingkungan keluarga lah yang memiliki pengaruh lebih besar pada tumbuh kembang psikososial anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Psikososial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:54
Last Modified: 13 Aug 2015 04:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item