RESPON MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN BULUREJO DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

GALIH AULIA RACHMAN, NIM. 11250032 (2015) RESPON MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN BULUREJO DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RESPON MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN BULUREJO DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (RESPON MASYARAKAT TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DUSUN BULUREJO DESA MONGGOL KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2015 dengan tujuan untuk membahas implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dan respon masyarakat khususnya peserta PKH di Dusun Bulurejo, Desa Monggol, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemiskinan yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul termasuk di Dusun Bulurejo, Desa Monggol. Dengan kondisi miskin tersebut peran pemerintah sangat diharapkan oleh masyarakat yaitu yang masuk kategori sangat miskin. Sehingga pada tahun 2008 pemerintah melaksanakan suatu program untuk mengurangi angka kemiskinan yang sedang terjadi di Kabupaten Gunungkidul yaitu program PKH. Program ini dimaksudkan dalam hal kesehatan dan pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 2 orang koordinator PKH, seorang operator PKH, seorang pendamping PKH, seorang kader Posyandu, seorang kepala MI, serta 6 orang peserta bantuan PKH. Sehingga keseluruhan subjek penelitian berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasi program terdapat tahapan-tahapan yang dilakukan oleh para pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program PKH. Tahapan tersebut meliputi tahap interpretasi, tahap pengorganisasian, dan tahap pengaplikasian. Pengaplikasian program PKH yang dilakukan adalah oleh pendamping dan peserta PKH meliputi kegiatan pertemuan awal atau pendataan peserta, sosialisasi program, pertemuan kelompok rutinan, pencairan dana dan kegiatan kesehatan dan pendidikan. Sedangkan untuk respon masyarakat khususnya peserta PKH di Dusun Bulurejo dibagi menjadi 3 bagian, antara lain: respon kognitif (pengetahuan), respon afektif (sikap), dan respon konatif (tindakan). Respon-respon tersebut diperoleh dari para peserta PKH saat pelaksanaan program PKH sedang mereka jalankan dan rasakan. Respon yang muncul berbeda-beda dan respon tersebut bisa bermakna positif ataupun negatif. Kata Kunci: Respon Masyarakat, Implementasi Program Keluarga Harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Respon Masyarakat, Implementasi Program Keluarga Harapan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:09
Last Modified: 13 Aug 2015 06:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item