PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK TANI DI DUSUN GONDANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014-2015

HAIDA SOFA, NIM : 11250082 (2015) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK TANI DI DUSUN GONDANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK TANI DI DUSUN GONDANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014-2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK TANI DI DUSUN GONDANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2014-2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian masyarakat Indonesia adalah petani, oleh karena itu hasil pertanian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun masih terjadi masalah yang dihadapi oleh petani diantaranya harga jual hasil pertanian masih dapat dimainkan oleh pemilik modal, kualitas hasil panen yang rendah sehingga belum dapat bersaing dengan hasil pertanian Negara lain, dan jumlah hasil panen yang belum dapat memenuhi kebutuhan pangan warga Indonesia. Pemberdayaan masyarakat adalah cara untuk memperbaiki kualitas hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani. pemberdayaan dapat dilakukan melalui kelompok tani yang dilakukan oleh kelompok tani Maju Makmur melalui beberapa program kegiatan, dengan demikian pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana pemberdayaan yang dilakukan kelompok tani Maju Makmur dalam meningkatkan ekonomi anggotanya pada tahun 2014-2015 melalui program simpan pinjam, peternakan kambing, dan penanaman bibit dan dampak pemberdayaan kelompok tani Maju Makmur terhadap ekonomi anggota di dusun Gondang pada tahun 2014-2015. Penelitian ini termaksud jenis penelitian diskriptif kualitatif. Data diperoleh dari ketiua, sekretaris, bendahara, serta anggota kelompok tani Maju Makmur dengan menggunkaan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitain menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok tani Maju Makmur melalui program simpan pinjam, peternakan kambing, dan penanaman bibit, diawali dengan adanya bantuan modal dari pemerintah dan selanjutnya dijalankan oleh anggota. Dampak pemberdayaan yang dilakukan melalui program dapat membantu perekonomian anggota, namun belum dapat maksimal dan pemberdayaan melalui penyuluhan tentang pelatihan pupuk, cara budidaya tanaman tembakau, dan pengendalian hama mampu meningkatkan ketrampilan petani khususnya dalam menanam tembakau. Dengan demikian pemberdayaan yang dilakukan ini dapat membantu anggota kelompok dalam meningkatkan ekonomi keluarga menjadi lebih baik. (Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi, Kelompok Tani, Anggota Kelompok Tani)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Kelompok Tani, Anggota Kelompok Tani
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:18
Last Modified: 13 Aug 2015 06:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item View Item