“PERAN KELUARGA TERHADAP PERNIKAHAN DINI” (STUDI KASUS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

IMAM MUCKLIS, NIM 11250011 (2015) “PERAN KELUARGA TERHADAP PERNIKAHAN DINI” (STUDI KASUS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (“PERAN KELUARGA TERHADAP PERNIKAHAN DINI” (STUDI KASUS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (“PERAN KELUARGA TERHADAP PERNIKAHAN DINI” (STUDI KASUS DESA KRAMBILSAWIT, KECAMATAN SAPTOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (934kB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan pengamatan penulis, bahwasanya di Desa Krambilsawit dari beberapa warganya masih ada yang melakukan praktek pernikahan dini, penulis mengkaji peran keluarga, karena keluarga mempunyai pengaruh penting terhadap anggota keluarganya, baik itu dalam terpenuhinya kebutuhan hidup dan dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validitas data penulis menggunakan teknik triangulasi dan analisis data, penulis mengelola data sehingga dapat dipahami dan diakui dalam perspektif ilmiah. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa keluarga atau orang tua ikut serta dalam membina rumah tangga dari pelaku pernikahan dini itu sendiri. Kebutuhan rumah tangga pelaku pernikahan dini masih menjadi tanggung jawab dari orang tua dan ketika menyelesaikan permasalahan, orang tua masih terlibat dalam mengambil sebuah keputusan. Adapun hubungan kekeluargaan baik orang tua kepada anaknya atau sebaliknya, pelaku pernikahan dini dengan saudarasaudaranya atau sebaliknya dan hubungan dengan lingkungan sekitar masih terjalin dengan baik, keberfungsian sebagai anggota keluarga juga selama ini masih dapat terpenuhi. Dalam penelitian penulis menemukan kendala, karena ada perbedaan tentang data pelaku pernikahan dini di Desa Krambilsawit yang ada di KUA Kecamatan Saptosari, berbeda dengan data yang ada pada petugas pencatat nikah Desa Krambilsawit dan lapangan, selain itu baik pelaku pernikahan dini atau keluarganya ada yang sudah tidak bertempat tinggal di lokasi penelitian, sehingga mengurangi data tentang pelaku pernikahan dini itu sendiri. Adapun hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran keluarga terhadap pelaku pernikahan dini yang ada di Desa Krambilsawit, masih berperan penting dalam keberlangsungan rumah tangga pelaku pernikahan dini, hubungan kekeluargaan masih terjalin dengan baik dan keberfungsian keluarga juga masih berjalan dengan baik. Kata Kunci: Peran Keluarga dan Pernikahan Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Solechah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Keluarga dan Pernikahan Dini
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:33
Last Modified: 13 Aug 2015 06:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item