POLA RELASI ANTARA NEGARA DAN KOMUNIKASI RELAWAN JOGJA TIMUR DALAM PENAGGULANGAN BENCANA ALAM (STUDI ATAS BENCANA ERUPSI MERAPI, KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2010)

LUCKY AGUSTINA KURNIAWATI, NIM. 11250047 (2015) POLA RELASI ANTARA NEGARA DAN KOMUNIKASI RELAWAN JOGJA TIMUR DALAM PENAGGULANGAN BENCANA ALAM (STUDI ATAS BENCANA ERUPSI MERAPI, KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2010). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (POLA RELASI ANTARA NEGARA DAN KOMUNIKASI RELAWAN JOGJA TIMUR DALAM PENAGGULANGAN BENCANA ALAM (STUDI ATAS BENCANA ERUPSI MERAPI, KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2010))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (POLA RELASI ANTARA NEGARA DAN KOMUNIKASI RELAWAN JOGJA TIMUR DALAM PENAGGULANGAN BENCANA ALAM (STUDI ATAS BENCANA ERUPSI MERAPI, KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2010))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (863kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Relawan Jogja Timur dan pola relasi yang terjalin antara Komunitas Relawan Jogja Timur dalam menanggulangi bencana alam. Komunitas Relawan Jogja Timur (RJT) merupakan komunitas yang berada di Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Komunitas ini konsen terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya terhadap bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Studi deskriptif kualitatif ini berfungsi untuk menjelaskan dan membaca pola relasi yang terjalin antara Komunitas Relawan Jogja Timur dalam menanggulangi bencana alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan beberapa data seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan bahan-bahan lain yang terkait. Dalam menentukan hasil dalam penelitian ini, mengenai tipe pola relasi yang terjadi, menggunakan teori dari Levitsky, yaitu terdapat empat pola relasi yang terbentuk, yaitu : complementary, substitusi, accommodative, dan competing. Bila dihubungkan dengan relasi yang terjalin antara Komunitas Relawan Jogja Timur dan institusi yang dimiliki oleh negara, yaitu BPBD Kabupaten Sleman dan TAGANA dapat diketahui bahwa relasi yang terjalin tersebut adalah bersifat complementary. Hal ini dikarenakan aktor informal dan aktor formal saling mendekat. Dimana dalam hal ini Komunitas Relawan Jogja Timur mengisi kekosongan posisi yang terjadi di BPBD Kabupaten Sleman dan TAGANA dalam penanggulangan bencana alam. Temuan lain yang didapat di lapangan, bahwasanya terjadi transfer atau pertukaran sumberdaya antara aktor formal dan informal. Dalam hal ini Komunitas Relawan Jogja Timur memiliki resource berupa sejumlah tenaga kerelawanan yang tulus iklas mengabdi kepada masyarakat. Sedangkan dari aktor formal (BPBD Kabupaten Sleman dan TAGANA) memiliki resource berupa dana dan fasilitas-fasilitas untuk kegiatan seperti pelatihan. Sementara masyarakat disini hanya sebagai penerima manfaat saja. Dengan adanya kerjasama antara komunitas RJT dengan Negara, maka diharapkan masyarakat akan lebih terbantu dalam penanggulangan bencana alam. Kerjasama yang terjalin ini juga merupakan salah satu strategi dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial, karena untuk mewujudkannya tidak bisa berdiri sendiri. Dibutuhkan bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait. Baik masyarakat, pemerintah, maupun komunitas-komunitas, atau lembaga-lembaga swasta, harus bersatu untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mewujudkan kesejahteraan sosial. Keywords: Penanggulangan Bencana Alam, Pola Relasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan Bencana Alam, Pola Relasi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:41
Last Modified: 13 Aug 2015 06:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item