PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK BHAKTI MANUNGGAL DI DUSUN TULUNG DESA SRIHARDONO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

RATNA AYUNDARI, NIM 11250065 (2015) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK BHAKTI MANUNGGAL DI DUSUN TULUNG DESA SRIHARDONO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK BHAKTI MANUNGGAL DI DUSUN TULUNG DESA SRIHARDONO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK BHAKTI MANUNGGAL DI DUSUN TULUNG DESA SRIHARDONO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompok Bhakti Manunggal Di Dusun Tulung Desa Srihardono Pundong Bantul Yogyakarta”. Pada penelitian ini penulis meneliti tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Bhakti Manunggal serta dampak yang dihasilkan dari adanya pemberdayaam tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kawasan pedesaan memiliki potensi sumber daya manusia yang mendukung untuk proses pembangunan, hanya saja masyarakatnya belum mampu untuk mengembangkan potensi tersebut. Sebelum terbentuknya Kelompok Bhakti Manunggal, masyarakat dusun Tulung memang telah memiliki usaha pengolahan ketela, namun mereka bekerja sendiri dengan modal dan kemampuan seadanya sehingga hasilnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dalam rangka memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut, masyarakat dusun Tulung membentuk sebuah kelompok pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diberi nama Kelompok Bhakti Manunggal untuk menjadikan masyarakat dusun Tulung menjadi lebih baik. Skripsi ini menjelaskan bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Kelompok Bhakti Manunggal? dan apa dampak yang dihasilkan dari kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Kelompok Bhakti Manunggal? Menjawab dari rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Bapak Sabar staff Ikbang Desa Srihardono, Bapak H. Mujiyono Kepala Dusun Tulung, Ibu Parjiyem Ketua Kelompok Bhakti Manunggal, anggota Kelompok Bhakti Manunggal (Ibu Aminah, Ibu Kamiyem, Ibu Tumiyem, Ibu Mujiyem, Ibu Sri Mulatsih, Ibu Warini). Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa Kelompok Bhakti Manunggal melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat secara mandiri dan bekerjasama dengan pemerintah desa Srihardono. Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut diawali melalui penyusunan program kegiatan, melalui peningkatan sumber daya manusia, melalui permodalan, dan juga melalui kegiatan usaha pengolahan ketela. Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut menghasilkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah masyarakat dusun Tulung memiliki sumber pendapatan, memiliki kemampuan dalam menyimpan uang, memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memiliki kemandirian dalam pengelolaan uang. Dampak negatif yang dihasilkan adalah dengan kegiatan usaha ketela menjadikan hubungan orang tua dengan anak waktu bertemu kurang cukup. Kata kunci: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Masyarakat Dusun Tulung, dan Kelompok Bhakti Manunggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Masyarakat Dusun Tulung, dan Kelompok Bhakti Manunggal.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:50
Last Modified: 13 Aug 2015 06:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16871

Actions (login required)

View Item View Item