PERAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) EDELWYS DALAM MENANGANI KETAHANAN PANGAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL D.I.Y

SOFYAN TRI UNTORO, NIM 11250081 (2015) PERAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) EDELWYS DALAM MENANGANI KETAHANAN PANGAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL D.I.Y. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) EDELWYS DALAM MENANGANI KETAHANAN PANGAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL D.I.Y)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) EDELWYS DALAM MENANGANI KETAHANAN PANGAN DI DUSUN SERUT PALBAPANG BANTUL D.I.Y)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana peranperan yang dilakukan oleh Posdaya Edelwys (pengurus) menangani ketahanan pangan di Dusun Serut, bagaimana hambatan yang diperoleh dalam menangani ketahanan pangan di Dusun Serut. Topik ini dipilih karena pangan merupakan faktor penting untuk menunjang kesejahteraan masyarakat serta konsep pemberdayaan masyarakat yang diusung oleh Posdaya Edelwys berkaitan erat dengan bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pemberdayaan menurut Edi Suharto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang atau pelaku yang dapat diamati. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang bersifat menyeluruh dan mendalam. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menentukan informan atau sumber data menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih informan yang dianggap mengetahui permasalahan dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang memiliki kebenaran dan pengetahuan yang mendalam. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan informan berkembang sesuai dengan kebutuhan. Informan yang dipilih dapat menunjuk informan lain yang dianggap lebih tahu. Hasil penelitian terhadap peran Posdaya Edelwys dalam menangani ketahanan pangan di Dusun Serut adalah bahwa ada beberapa peran yang dilakukan oleh pengurus Posdaya Edelwys yaitu fasilitator, mediator, mediator. Faktor pendukung dan penghambatan ketahanan pangan yang diperoleh Posdaya Edelwys dalam menangani ketahanan pangan di Dusun Serut yang utama diantaranya adalah banyaknya dukungan dan rendahnya partisipasi remaja dalam program ketahanan pangan, rendahnya sumber daya manusia (SDM). Kata kunci: Peran Posdaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos. I, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Posdaya.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:03
Last Modified: 13 Aug 2015 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16874

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum