PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (BPRS) MARGIRIZKI BAHAGIA BANTUL

DICA SUCI ENGGAR JATI, NIM 11240141 (2015) PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (BPRS) MARGIRIZKI BAHAGIA BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (BPRS) MARGIRIZKI BAHAGIA BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (BPRS) MARGIRIZKI BAHAGIA BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (814kB)

Abstract

Dalam perbaikan perekonomian Indonesia adalah dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh negara Indonesia, yaitu dengan memanfaatkan usaha kecil dan menengah (UKM). Peningkatan kualitas UKM diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Untuk meningkatkan pendapatan UKM dibutuhkan modal banyak, sehingga modal sendiri tidak cukup untuk pengembangannya, salah satu caranya adalah dengan memberikan modal tambahan yaitu pemberian kredit modal kerja melalui lembaga keuangan. Dewasa ini, telah banyak beredar bank-bank syari’ah. Sudah banyak bank-bank memberikan produk kredit modal kerja dengan sistem syari’ah yang diberi nama pembiayaan modal kerja. Dalam penelitian ini sistem syari’ah pembiayaan modal kerja dibagi menjadi dua, yaitu pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah. PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Margirizki Bahagia Bantul merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa syari’ah. Sebagai lembaga keuangan yang bergerak dalam mengatasi masyarakat kelas bawah dan menengah, salah satu visi nya adalah berupaya untuk meningkatkan pendapatan UKM diwilayah Bantul dan sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada pemberian kredit modal kerja terhadap tingkat pendapatan UKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan subjek pelaku UKM yang menggunakan produk pembiayaan modal kerja pada PT. BPRS Margirizki Bahagia Bantul. Objek penelitian yang mempengaruhi tingkat pendapatan UKM yaitu kredit modal kerja. Metode pengumpulan data terdiri dari angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, uji korelasi (Uji T), dan uji koefisien determinasi (adjust R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai regresi sederhana bahwa Y= 26,382+0,522X, yang berarti bahwa apabila pemberian kredit modal kerja mengalami peningkatan setiap pointnya, maka volume tingkat pendapatan akan mengalami peningkatan sebesar 0,522 point. Sedangkan nilai korelasi (uji T) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka terdapat hubungan yang signifikan pada pemberian kredit modal kerja terhadap tingkat pendapatan UKM, dan nilai koefisien determinasi (adjust R2) menunjukkan bahwa presentase pemberian kredit modal kerja mempunyai pengaruh yang postif terhadap tingkat pendapatan UKM sebesar 30,3%, sedangkan sisanya 69,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. (Kata kunci : Kredit Modal Kerja, Tingkat Pendapatan UKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Early Maghfiroh I, S.Ag,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kredit Modal Kerja, Tingkat Pendapatan UKM).
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:32
Last Modified: 13 Aug 2015 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum