PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BMT AL IKHLAS DI YOGYAKARTA

DIMAS FAJRI ABDULLAH, NIM. 09240011 (2015) PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BMT AL IKHLAS DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BMT AL IKHLAS DI YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BMT AL IKHLAS DI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (964kB)

Abstract

Sumber daya merupakan salah satu kunci sukses dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Karyawan sebagai penggerak aktivitas perusahaan diharuskan mempunyai kinerja yang tinggi untuk mendukung suksesnya perusahaan. Kinerja yang tinggi sangat di dukung oleh akhlak para karyawannya dan dapat menanamkan nilai–nilai keislaman sesuai dengan visi misi perusahaaan. Penanaman niali–nilai ini dapat melalui pengembangan karyawan di perusahaan tersebut. Salah satu perusahaan yang mempunyai visi menenemkan nilai islam adalah BMT Al Ikhlas. BMT Al Ikhlas adalah suatu lembaga keuangan syariah dengan sistem pengelolaan berdasarkan pada prinsip–prinsip syariah Islam. Ide untuk mendirikan BMT ini muncul setelah adanya pendidikan dan pelatihan (diklat) Manajemen Zakat dan Ekonomi Syariah (MZES) angkatan ketiga yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Republika pada awal November 1994. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai Islam dan tingkat kinerja karyawan pada BMT Al Ikhlas di Yogyakarta. Untuk mengetahui dan mengukur pengaruh pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai Islam terhadap kinerja karyawan pada BMT Al Ikhlas di Yogyakarta. Metode yang akan digunakan adalah metode survey. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh karyawan BMT Al Ikhlas di Yogyakarta yang berjumlah 46 karyawan dengan menggunakan metode teknik total sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai Islam pada BMT Al Ikhlas di Yogyakarta tergolong tinggi. Koefisien regresi diperoleh sebesar 0,768 yang berarti positif searah dan jika skor pada variabel pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai Islam meningkat maka kinerja karyawan akan meningkat dan sebaliknya apabila skor variabel pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai Islam turun maka kinerja karyawan akan turun. Uji signifikansi koefisien ini dengan t statistik diperoleh thitung sebesar 4460 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000 yang berarti mempunyai pengaruh yang signifikan. xi Tingkat kinerja karyawan pada BMT Al Ikhlas di Yogyakarta tergolong tinggi, hal ini diperoleh dari nilai rata–rata sebesar 3,57. Nilai ini berada dalam rentang 3,25 s/d 4,00 yang berarti “sangat tinggi”. Hal ini menunjukan bahwa karyawan sudah memenuhi harapan perusahaan seperti pemenuhan target yang ditetapkan, ketrampilan kerja yang baik, dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaannya. Terdapat pengaruh pengembanga karyawan berbasis nilai–nilai Islam terhadap kinerja karyawan pada BMT Al Ikhlas di Yogyakarta. Ditemukan pula koefisien determinasi (R2) sebesar 0,311 yang berarti bahwa sekitar 31,1% variasi pada variabel kinerja karyawan mampu diterangkan oleh variabel pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai islam. Kata Kunci: Pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai islam, Kinerja karyawan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan karyawan berbasis nilai–nilai islam, Kinerja karyawan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:45
Last Modified: 13 Aug 2015 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16881

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum