KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TEMPEL

SYAIFUL ‘AZIS, NIM. 10470011 (2015) KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TEMPEL)
10470011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TEMPEL)
10470011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi peserta didik di SMP Negeri 3 Tempel. Penelitian ini untuk mengungkap fenomena peningkatan prestasi Ujian nasional di SMP Negeri 3 Tempel tiga tahun terakhir yakni pada tahun ajaran 2011/2012, 2012/2013 dan 2013/2014, peningkatan prestasi yang terjadi di SMP Negeri 3 Tempel terjadi setelah pergantian kepala sekolah yang sebelumnya Widodo S.Pd. kemudian digantikan oleh Lilik Mardiningsih M.Pd. berangkat dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengungkap konsep kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 3 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk diskriptif analitik yang bertempat di SMP Negeri 3 Tempel, dengan pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, yakni orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang situasi sosial yang akan diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk menguji keabsahan dari berbagai sumber di atas peneliti menggunakan tekni trianggulasi. Sedangkan tahapan analisis data menggunakan teori Mils dan Huberman yang meliputi reduksi data, menyajikan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki dampak terhadap seluruh komponen sekolah baik kinerja guru dan karyawan maupun peningkatan prestasi siswa dengan berbagai program-program unggulan yang disusun oleh kepala sekolah. Fenomena tersebut merupakan bentuk dari implementasi dari konsep EMASLIM yang diterampan oleh kepala sekolah di mana kepala sekolah bertugas sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Hal ini juga diwujudkan dengan berbagai program kegiatan yang mendukung terhadap peningkatan prestasi peserta didik, program tersebut adalah Tes kompetensi mingguan, Tes pendalaman materi, Pendampingan kelompok belajar oleh bapak/ibu guru asuh dan Tutor sebaya, program tersebut menjadi program unggulan yang terus dilakukan evaluasi dan tindakan lanjut sehingga memperoleh hasil yang maksimal yakni peningkatan prestasi Ujian Nasional pada tahun ajaran 2011-2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Konsep, Kepemimpinan kepala sekolah, Prestasi dan Peserta Didik
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:46
Last Modified: 13 Aug 2015 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum