STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) GUNA LESTARI JEPARA JAWA TENGAH (PERIODE 2013-2014)

EVA RUSDIANA, NIM 11240093 (2015) STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) GUNA LESTARI JEPARA JAWA TENGAH (PERIODE 2013-2014). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) GUNA LESTARI JEPARA JAWA TENGAH (PERIODE 2013-2014))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) GUNA LESTARI JEPARA JAWA TENGAH (PERIODE 2013-2014))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) sudah barang tentu memberikan pelayanan kredit atau pembiayaan kepada nasabah. Akan tetapi dengan perkembangan selanjutnya muncul permasalahan jika kemudian dana yang sudah di cairkan kepada nasabah atau debitur tersebut ternyata mengalami permasalahan atau kesulitan untuk mengembalikan dana yang sudah di pinjam dari BMT. Dari uraian permasalahan diatas sekiranya perlu diadakan sebuah penelitian tentang bagaimana strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah yang mengalami permasalahan di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Guna Lestari Jepara (periodebulan Januari – April tahun 2013- 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah di BMT Guna Lestari Jepara. Penelitaian ini merupakan penelitian lapangan, dimana pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada direktur, staff dan nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah di BMT Guna Lestari Jepara, observasi, dan dokumentasi dari lembaga tersebut. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengambaran serta menguraikan data yang terkumpul mengenai strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Guna Lestari Jepara Jawa Tengah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penanganan terhadap nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah, Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Guna Lestari Jepara menggunakan strategi sebagai berikut, yaitu : rescheduling, reconditioning, restructuring dan sita jaminan tetapi strategi restructuring dan sita jaminan jarang di lakukan BMT terhadap nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah. Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) mempunyai Strategi sendiri yaitu apabila nasabahnya perempuan maka yang menagih angsuran dari pihak BMT laki-laki dan sebaliknya. Kata kunci : Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Early Maghfiroh Innayati, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:52
Last Modified: 13 Aug 2015 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum