KONSEP PERCAYA DIRI DALAM AL-QUR’AN MENURUT HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SIDIQ RAHMAT, NIM. 10470016 (2015) KONSEP PERCAYA DIRI DALAM AL-QUR’AN MENURUT HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PERCAYA DIRI DALAM AL-QUR’AN MENURUT HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10470016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PERCAYA DIRI DALAM AL-QUR’AN MENURUT HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10470016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena tutup mulut, tidak mau berbicara yang terjadi pada peserta didik atau mahasiswa untuk mengungkapkan pendapatnya sikap seperti ini dapat disebabkan oleh minimnya rasa percaya diri. Apalagi, ketika apa yang ingin diungkapkan tersebut ternyata disampaikan oleh orang lain maka ia langsung menyesali tindakan diam yang diambilnya. Hal ini menunjukan bahwa percaya diri, atau percaya terhadap kemampuan diri, merupakan fitrah yang telah Allah berikan, dan menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan agama Islam yang diharapkan, karena proses dalam pendidikan agama Islam, mau tidak mau harus bersinggungan dengan aspek tersebut, oleh karena itu konsep percaya diri di dalam Islam yang harus dikaji melalui Al-Qur’an dan Al-Hadits perlu dirumuskan untuk menciptakan relevansi dengan tujuan pendidikan Agama Islam yang diharapkan, HAMKA sebagai salah seorang ulama’ dengan karya tafsier Al-Azharnya dianggap mampu merumuskan dan memberikan gambaran tentang seperti apa konsep percaya diri yang ditawarkan didalam Al-Qur’an tadi. Adapun rumusan masalah antara lain, Bagaimana Konsep Percaya Diri dalam Al-Qur’an Menurut HAMKA dalam Tafsir Al-Azhar Dan Apa Relevansi Konsep Percaya Diri dalam Al-Qur’an Menurut HAMKA dalam Tafsir Al-Azhar dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mengambil metode studi pustaka, dengan jalan mengumpulkan data melalui cara dokumentasi lewat buku-buku atau literatur yang sesuai, kemudian melakukan analisis dengan seksama sebelum akhirnya menarik kesimpulan sehingga memperoleh hasil yang mengiterpretasi apa yang dimaksudkan. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa konsep percaya diri dalam Al-Qur'an bertitik tolak dari konsepsi yang mulia terhadap manusia yaitu sebagai Khalifah Allah, sebaik-baiknya makhluk ciptaan, dan makhluk yang bebas berkehendak setiap manusia harus yakin bahwa dirinya memiliki potensi yang diberikan oleh Allah sebagai makhluk terbaik yang diciptakan-Nya. Keyakinan ini, tidak cukup jika hanya diyakini tanpa adanya tindakan untuk membuktikan semua itu namun perlu juga dilandasi dengan keimanan dan rasa berserah kepada Allah. Kemudian konsep percaya diri yang ditawarkan dalam penelitian ini dan tujuan yang diharapkan secara rinci oleh pendidikan Agama Islam membawa ruh yang berasal dari satu sumber yang sama yaitu Al- Qur’an. Dimana pada hakikatnya manusia diposisikan sebagai sosok yang sebenarnya agar mereka faham hakikat tentang dirinya, tentang potensi yang dimilikinya, dan sesuatu yang harus dicapainya sesuai dengan yang diinginkan oleh Allah selaku Rabbnya. Keserasian tadi merupakan bentuk relevansi antara konsep percaya diri di dalam Al-Qur’an dan tujuan pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sibawaihi, M.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: HAMKA, Percaya Diri, Tujuan Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Aug 2015 14:57
Last Modified: 13 Aug 2015 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum