PENGEMBANGAN MODUL FIQIH SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI

APRISA DWI FITRIANA, NIM. 10470031 (2015) PENGEMBANGAN MODUL FIQIH SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FIQIH SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI)
10470031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FIQIH SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI)
10470031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan Modul Fiqih untuk Siswa Kelas XI MAN, mengetahui kualitas Modul Fiqih berdasarkan penilaian 2 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, dan 1 guru fiqih MAN, serta mengetahui respon siswa terhadap Modul Fiqih yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan modul meliputi tahap analisis, perencanaan, pengembangan, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan pada kriteria isi/materi, penyajian, dan bahasa/keterbacaan. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan bahan ajar berupa Modul Fiqih untuk Siswa Kelas XI MAN. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian 2 ahli materi dan 3 peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 83,3 % dan 88%, sedangkan menurut ahli media adalah Baik (B) dengan persentase keidealan 72,7%. Kualitas modul menurut penilaian 3 orang guru adalah Baik (B) dengan persentase keidealan sebesar 66% dan hasil respon siswa terhadap bahan ajar tersebut adalah 71,6% dengan skor yang diperoleh 645 dari skor maksimal ideal 900 dan memiliki kategori Baik (B). Berdasarkan penilaian yang diperoleh tersebut maka bahan ajar ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Modul Fiqih, Penelitian, Pengembangan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:10
Last Modified: 13 Aug 2015 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum