ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (STUDI KOMPARASI PADA PT.BPR WIJAYAMULYA SANTOSA DAN PT.BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA)

RAHMAD, NIM. 10240061 (2015) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (STUDI KOMPARASI PADA PT.BPR WIJAYAMULYA SANTOSA DAN PT.BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (STUDI KOMPARASI PADA PT.BPR WIJAYAMULYA SANTOSA DAN PT.BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (STUDI KOMPARASI PADA PT.BPR WIJAYAMULYA SANTOSA DAN PT.BPR SYARIAH BANGUN DRAJAT WARGA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap kegiatan penyaluran dana dalam bentuk kredit yang dilakukan oleh bank baik konvensional maupun syariah pasti memiliki resiko permasalahan yang cukup tinggi. Karena dalam prakteknya sering terjadi permasalahan kredit atau pembiayaan. BPR Wijayamulya Santosa dan BPRS Bangun Drajat Warga sebagaimana bank-bank lainnya juga memberikan pelayanan kredit atau pembiayaan kepada nasabah. Akan tetapi selanjutnya muncul permasalahan di dalamnya. Dalam kasus kredit atau pembiayaan yang bermasalah ini pihak bank harus melakukan penyelamatan dengan tindakan dan keputusan yang tepat, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang dapat merugikan bank. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menginterpretasikannya dalam kalimat sederhana sehingga dapat diambil pengertiannya untuk mendapatkan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Untuk uji validitas data penulis menggunakan 2 jenis metode triangulasi dalam mendukung pengukuran tingkat keabsahan data yang diperoleh, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Setelah melakukan penelitian, maka dapat diketahui bahwa untuk mengatasi kredit bermasalah BPR Wijayamulya Santosa mengeluarkan SP hingga 3 kali, jika tidak berhasil maka direksi mengeluarkan surat tarik jaminan untuk mengambil alih agunan dengan proses penyelesaian litigasi dan non-litigasi. Namun jika masalahnya adalah masalah tidak terduga dan di luar kemauan nasabah seperti bencana alam, maka kredit tersebut akan dihapusbukukan oleh bank, tetapi bank masih bisa menagih apabila nasabah dianggap sudah mampu membayar pinjamannya kepada bank. Semua cara ini atas keputusan dewan direksi dengan mengacu pada peraturan Bank Indonesia. Sedangkan untuk mengatasi pembiayaan bermasalah BPRS Bangun Drajat Warga mengeluarkan SP hingga 3 kali. Jika masih bermasalah, maka bank menawarkan restruktur kepada nasabah dengan berbagai keringanan didalam prosesnya. Namun jika tidak berhasil, maka bank mengeluarkan surat somasi kepada nasabah dengan menggunakan jalur penyelesaian litigasi dan non-litigasi. Tetapi bank masih memberikan kesempatan restruktur kepada nasabah. Untuk hapusbuku BPRS Bangun Drajat Warga menggunakannya ketika nasabah benar-benar sudah tidak mampu membayar hutangnya. Semua proses ini didapatkan dari hasil rapat komite dengan mempertimbangkan saran dari Dewan Pengawas Syariah untuk menyesuaikan keputusan dengan syariat Islam. Kata Kunci : pengambilan keputusan, kredit, pembiayaan bermasalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengambilan keputusan, kredit, pembiayaan bermasalah.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:55
Last Modified: 13 Aug 2015 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum