ANALISIS MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ALIF SARIFUDIN, NIM. 10470052 (2015) ANALISIS MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
10470052_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (42MB) | Preview
[img] Text
10470052_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Alif Sarifudin, Analisis Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di SMK Muhammadiyah 2 Playen Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini berdasarkan adanya faktor yang muncul setiap memasuki awal tahun ajaran baru, yang dimulai bulan Juni-Juli, orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anaknya ke SD/MI, SLTP/MTs, SMU/SMK/MA, mulai sibuk membicarakan dan berupaya agar memperoleh pendidikan yang dipandang berkualitas unggul. SMK Muhammadiyah 2 Playen Gunungkidul adalah salah satu lembaga yang mengalami peningkatan jumlah peminat atau jumlah peserta didik, hal ini dibuktikan dalam 3 tahun terakhir ini, SMK Muhammadiyah 2 Playen mengalami peningkatan jumlah peserta didik, hal ini dibuktikan dari hasil observasi penulis sebelum melakukan penelitian, berdasarkan penelitian itu ditemukan data bahwa pada tahun pelajaran 2011/2012 SMK Muhammadiyah 2 Playen Gunungkidul menerima peserta didik baru sebanyak 92 siswa, Kemudian pada tahun pelajaran 2012/2013 SMK Muhammadiyah 2 Playen Gunungkidul menerima peserta didik baru sebanyak 99 siswa. Dan terakhir pada tahun 2013/2014 ada peningkatan lagi dalam penerimaan peserta didik yang berjumlah 125 siswa. Dari sini penulis ingin mengetahui motivasi apa yang muncul dari orang tua sehingga memilih menyekolahkan anaknya di SMK Muhammadiyah 2 Plyen, Gunungkidul pada tahun 2013/2014 dan bagaimana strategi sekolah dalam meningkatkan minat orang tua untuk menyekolahkan anknyan di SMK Muhammadiyah 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMK Muhammadiyah 2 Playen, Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (in-depth interview) dan dokumentasi serta mendiskusikan dengan teori. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini adalah: motivasi yang mempengaruhi orang tua dalam menyekolahkan anaknya di SMK Muhammadiyah 2 Playen terbagi ke dalam motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik (1) karena prestasi yang diraih meliputi (a) prestasi keagamaan, (b) prestasi pengetahuan dan (c) prestasi keahlian. (2) kemungkinan pengembangan karir, meliputi (a) pengalaman kerja dan (b) kesempatan kerja. Sedangkan motivasi ekstrinsik meliputi (1) Kurikulum, (2) program pengembangan, (3) sarana dan prasarana, (4) prestasi sekolah dan (5) sosialisasi dan publikasi yang dilaksanakan oleh sekolah. Sedangkan upaya sekolah dalam menjaga kepercayaan orang tua adalah melalui (1) menyusun program unggulan, dan (2) melakukan sosialisasi program unggulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ZAENAL ARIFIN,M.SI
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Orang Tua, SMK Muhammadiyah 2 Playen
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Aug 2015 17:41
Last Modified: 13 Aug 2015 17:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum