IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014-2015

MOHAMMAD YUSUF, NIM. 11470013 (2015) IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014-2015)
11470013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014-2015)
11470013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu munculnya teknologi baru dalam proses pembelajaran yang disebut e-learning. Dengan muncunya open sourse Learning Management System (LMS) berbasis web seperti MOODLE, Blackboard, Dokeos dan lain lain, e-learning semakin mudah dibuat dan digunakan. E-learning merubah cara dosen me-manage perkuliahan. Mesipun dalam pelaksanaanya, elearning memiliki kelebihan dibanding dengan kelas yang dimanage secara konvensional. kehadirannya tidak serta merta diterima dengan mudah dikalangan dosen. Ada pro dan kontra terhadap pengimplementasian e-learning. Disisi lain ada Mata Kuliah yang di-manage secara maksimal dengan e-learning. Materi, tugas-tugas hingga proses evaluasi delakukan melalui elearning. Sehingga ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penggunaan e-learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian khususnya pada tahun akademik 2014-2015 dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi serta dampak-dampaknya bagi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan deskriptif-analitik.Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penggunaan e-learning dengan menggunakan model blended learning pada domain ncie.erzed.net dan menggunakan MOODLE sebagai perangkat lunaknya. Penggunaan e-learning bukan dimaksudkan untuk menggantikan pertemuan dalam kelas akan tetapi menjadikan perkuliahan menjadi lebih atraktif. (2) Secara umum dalam penggunaan e-learning hanya ada beberapa kendala tehnis yang dialamai oleh mahasiswa. Diantaranya: (a) Mahasiswa mengalami kendala pada koneksi internet. (b) E-learning beberapa kali mengalami error seperti e-learning menjadi lambat hingga e-learning tidak dapat diakses sama sekali. Ini terjadi sebelum server pindah di ncie.erzed.net. Dan (3) Penggunaan e-learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian ini setidaknya ada empat dampak positif yang terbentuk. (a) Mahasiswa menjadi terbuka dengan perubahan zaman. (b) Menjadikan mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar. (c) Menjadikan mahasiswa lebih disiplin. Sedangkan peneliti menemukan dua dampak negatif, yaitu: (a) Mahasiswa mengakali sistem e-learning untuk mengapatkan nilai bagus. (b) Mahasiswa terbebani dengan biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti perkuliahan dengan menggunakan e-learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na’imah, M.Hum,
Uncontrolled Keywords: E-learning, Blended Learning, Metodologi Penelitian,
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Aug 2015 08:24
Last Modified: 14 Aug 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum