APLIKASI ALGORITMA A* UNTUK MENYELESAIKAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) (STUDI KASUS : PERJALANAN WISATA DI KOTA YOGYAKARTA)

ABRAHAM MUDJI RIZKI, NIM. 11610019 (2015) APLIKASI ALGORITMA A* UNTUK MENYELESAIKAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) (STUDI KASUS : PERJALANAN WISATA DI KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ALGORITMA A* UNTUK MENYELESAIKAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) (STUDI KASUS : PERJALANAN WISATA DI KOTA YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ALGORITMA A* UNTUK MENYELESAIKAN TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP) (STUDI KASUS : PERJALANAN WISATA DI KOTA YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Rute merupakan jalur yang diperlukan dalam suatu perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu yang sering dijumpai yaitu banyaknya rute pilihan yang tersedia sehingga membuat bingung untuk memilih rute yang tepat (efisien) dari sisi jarak, waktu, dan biaya. Persoalan dalam menentukan jalur terpendek dalam graf dapat menggunakan algoritma A* (A Star). Algoritma A* (A Star) adalah salah satu algoritma pencarian graf dengan menggunakan fungsi jarak-plus-biaya untuk menentukan urutan titik yang akan dikunjungi. Travelling Salesman Problem adalah salah satu dari sekian permasalahan optimasi yang ada. Dalam permasalahan ini yang harus dipecahkan adalah bagaimana cara agar bisa mengunjungi tempat yang dituju dengan jarak dan biaya yang minimum. Permasalahan menentukan rute terpendek untuk meminimumkan biaya, diperoleh tiga jalur untuk tiga kluster. Untuk kluster 1 yaitu Bandara Adisucipto – Kebun Binatang Gembira Loka - Taman Pintar - Hotel Limaran – Benteng Vredeburg - Keraton Yogyakarta - Purawisata – Tamansari – Bandara Adisucipto dengan total jarak 29,15 km. Untuk kluster 2 yaitu Stasiun Tugu – Benteng Vredeburg - Taman Pintar – Keraton Yogyakarta – Hotel Mawar Asri - Tamansari – Purawisata - Kebun Binatang Gembira Loka – Stasiun Tugu dengan total jarak 16,15 km. Untuk kluster 3 yaitu Terminal Giwangan – Kebun Binatang Gembira Loka - Taman Pintar - Benteng Vredeburg – Hotel Mitra - Keraton Yogyakarta – Purawisata - Tamansari – Terminal Giwangan dengan total jarak 18,68 km. Kata kunci : Algoritma A* (A Star), Shortest Path Problem, Travelling Salesman Problem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Malahyati, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Algoritma A* (A Star), Shortest Path Problem, Travelling Salesman Problem
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Aug 2015 10:58
Last Modified: 14 Aug 2015 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16916

Actions (login required)

View Item View Item