ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN STOCHASTIC DOMINANCE STUDI KASUS: SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

ERUIT KUSWANDANU, NIM. 11610035 (2015) ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN STOCHASTIC DOMINANCE STUDI KASUS: SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN STOCHASTIC DOMINANCE STUDI KASUS: SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN STOCHASTIC DOMINANCE STUDI KASUS: SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Investasi merupakan penanaman sejumlah dana atau barang yang diharapkan akan memberikan hasil yang lebih di kemudian hari. Salah satu alternatif investasi dipasar modal adalah saham. Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Hal terpenting yang diperhatikan oleh seorang investor adalah bagaimana investasi dapat menghasilkan return optimal pada tingkat resiko yang minimal, sehingga untuk mengetahui hal tersebut investor dapat melakukan diversifikasi. Diversifikasi dapat diwujudkan dengan cara mengkombinasikan berbagai pilihan saham dalam investasi (membentuk portofolio saham optimal). Salah satu teknik analisa portofolio optimal adalah menggunakan metode stochastic dominance, dimana metode ini tidak mensyaratkan distribusi dari return investasi harus bersifat normal. Stochastic dominance menggunakan tiga asumsi tentang perilaku para investor, yaitu: first order, second order dan third order. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada saham syariah Jakarta Islamic Index (JII) yang tergabung dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah saham yang memiliki nilai mean return positif dan diperoleh 22 saham. Kemudian dari 22 saham tersebut dipilih 9 saham, secara random/acak. Saham-saham tersebut adalah CTRA, ICBP, INDF, JSMR, MNCN, MPPA, PGAS, SMGR, WIKA pada periode Januari 2012 – Desember 2014. Hasil penelitian menunjukan terdapat 6 saham yang memiliki dominasi, diantaranya adalah ICBP, INDF, JSMR, PGAS, WIKA, SMGR. Proporsi tertinggi dimiliki oleh saham JSMR dan PGAS sebesar 25%, proporsi saham WIKA dan ICBP sebesar 18,75%, kemudian proporsi terendah adalah saham INDF dan SMGR sebesar 6,25%. Besar tingkat pengembalian yang diharapkan dalam portofolio optimal E(Rp) adalah 2,845%. Kata kunci : first order, portofolio optimal, second order, stochastic dominance, third order

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: first order, portofolio optimal, second order, stochastic dominance, third order
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Aug 2015 13:31
Last Modified: 14 Aug 2015 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum