ANALISIS TINGKAT KETERPAKAIAN KOLEKSI PADA TESIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN TAHUN 2006

RAHMAN ANTO WIBOWO - NIM. 05140076 , (2009) ANALISIS TINGKAT KETERPAKAIAN KOLEKSI PADA TESIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN TAHUN 2006. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis literatur yang paling banyak disitir pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006, (2) mengetahui bahasa literatur yang paling banyak disitir pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006, (3) mengetahui seberapa banyak keterpakaian koleksi Perpustakaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006, (4) mengetahui keusangan literatur yang digunakan pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian adalah tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006 dan objek penelitian adalah semua literatur yang disitir pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode wawancara untuk cross check. Analisis data menggunakan analisis sitiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) buku merupakan jenis literatur yang paling banyak disitir dengan 1.272 sitiran (75 %), (2) bahasa literatur yang paling banyak disitir adalah literatur berbahasa Indonesia dengan 994 sitiran (58,61 %), disusul literatur berbahasa Inggris 692 sitiran (40,80 %), dan literatur bahasa Arab 10 sitiran (0,59 %), (3) keterpakaian koleksi Perpustakaan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2006 adalah sebanyak 497 judul literatur (5,64 %), (4) keusangan literatur yang digunakan pada tesis mahasiswa Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan adalah literatur yang berusia kurang atau sama dengan 11,5 tahun dikatakan masih mutakhir dan literatur yang berusia lebih dari 11,5 tahun dikatakan sudah usang. Sebagai saran antara lain menambah koleksi jurnal, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, memberikan lembar usulan pengadaan koleksi kepada pemakai, dan melakukan penyiangan koleksi secara berkala. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan pendekatan lain seperti kajian sirkulasi. Penelitian ini juga dapat dikembangkan dengan memperluas ruang lingkupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: TAFRIKHUDDIN, S.AG, M.PD
Uncontrolled Keywords: keterpakaian koleksi, analisis sitiran
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item