ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MODEL INDEKS TUNGGAL DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS SAHAM JAKARTA ISLAM INDEX(JII) PERIODE 01 JANUARI 2012 – 30 JUNI

FUAD PRASETYO, NIM. 11610032 (2015) ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MODEL INDEKS TUNGGAL DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS SAHAM JAKARTA ISLAM INDEX(JII) PERIODE 01 JANUARI 2012 – 30 JUNI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MODEL INDEKS TUNGGAL DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS SAHAM JAKARTA ISLAM INDEX(JII) PERIODE 01 JANUARI 2012 – 30 JUNI)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL MODEL INDEKS TUNGGAL DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (STUDI KASUS SAHAM JAKARTA ISLAM INDEX(JII) PERIODE 01 JANUARI 2012 – 30 JUNI)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pasar modal merupakan tempat bagi investor untuk berinvestasi, dikarenakan investasi merupakan alternatif yang menjanjikan, namun dalam berinvestasi ada dua hal yang harus dipertimbangkan oleh investor, yaitu return dan risiko. Para investor menyadari bahwa dalam berinvestasi semakin tinggi keuntungan yang ditawarkan maka risiko juga akan semakin tinggi. Dengan demikian dilakukan penyebaran dana tidak hanya pada satu sekuritas, tetapi pada beberapa sekuritas. Dalam menseleksi saham efisien yang akan dibentuk kedalam portofolio optimal maka digunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA) dengan menggunakan kendala input (Standar Deviasi, Beta, Debt Earning Ratio, dan Price Earning Ratio) dan output (Return, Earning Per Share, Return On Equity, Return On Asset, Book Value Per Share, Price Book Value Ratio, Net Profit Margin), sedangkan untuk pembentukan portofolio menggunakan model Indeks Tunggal. Data yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah saham-saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 01 Januari 2012 – 30 Juni 2014, analisis rasio diperoleh dari laporan keuangan terakhir dan data tingkat Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang digunakan adalah selama periode penelitian. Hasil uji efisiensi dengan DEA-CCR dan DEA-BCC diperoleh 19 saham yang efisien sebagai kandidat pembentuk portofolio, yaitu: AALI, ADRO, BSDE, EXCL, INCO, INDF, INTP, ITMG, JSMR, KLBF, LPKR, LSIP, MNCN, MPPA, PGAS, SMGR, UNTR, UNVR dan WIKA. Saham-saham yang efisien dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA), diperoleh 2 saham optimal dengan besar dana yang harus diinvestasikan pada masing masing saham yaitu MPPA (59,31 %) dan WIKA (40,69 %) dengan return ekspektasian portofolio 0,002537 dan risiko portofolio 0,000388. Kata kunci:Data Envelopment Analysis (DEA), Efisien, Portofolio Optimal Model Indeks Tunggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Farhan Qudratullah, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Data Envelopment Analysis (DEA), Efisien, Portofolio Optimal Model Indeks Tunggal
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:03
Last Modified: 18 Aug 2015 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum