KEDUDUKAN SURAT PERJANJIAN TERHADAP PEMBAGIAN HARTA WARIS WASIAT DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA (STUDI PUTUSAN PERKARA NOMOR: 128/PDT.G/2013/PN.YK. PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA)

ANGGA WIJAYA, NIM. 11340033 (2015) KEDUDUKAN SURAT PERJANJIAN TERHADAP PEMBAGIAN HARTA WARIS WASIAT DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA (STUDI PUTUSAN PERKARA NOMOR: 128/PDT.G/2013/PN.YK. PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEDUDUKAN SURAT PERJANJIAN TERHADAP PEMBAGIAN HARTA WARIS WASIAT DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA (STUDI PUTUSAN PERKARA NOMOR: 128/PDT.G/2013/PN.YK. PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA))
11340033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEDUDUKAN SURAT PERJANJIAN TERHADAP PEMBAGIAN HARTA WARIS WASIAT DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA (STUDI PUTUSAN PERKARA NOMOR: 128/PDT.G/2013/PN.YK. PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA))
11340033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tidak sedikit perkara yang telah diputuskan oleh hakim di setiap pengadilan yang ada, pada akhirnya menjadi polemik. Putusan hakim nomor: 128/Pdt.G/2013/PN.YK. Menggambarkan persoalan adanya wanprestasi dari perjanjian yang lahir dari wasiat/testament tentang harta waris dan bertujuan untuk mengetahui kedudukan surat perjanjian terhadap pembagian harta waris wasiat. Penyusun menilai bahwa diperlukan kepastian hukum terhadap sebuah surat perjanjian kesepakatan yang telah dibuat oleh para pihak yang berperkara atas harta waris wasiat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analitik. Penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian field research. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dimana penyusun menganalisa dan mempelajari perkara tersebut dengan data-data yang diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan penyusun selama persidangan perkara berlangsung, kemudian wawancara dengan hakim yang berwenang, serta menganalisa semua perkara berdasarkan buku-buku dan dokumen yang menunjang penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penyusun terhadap perkara putusan nomor: 128/Pdt.G/2013/PN.YK. Penelitian ini menghasilkan bahwa kedudukan surat perjanjian dalam perkara ini secara hukum tidak sah karena surat perjanjian tersebut merupakan akta di bawah tangan, kemudian pada saat pembuatan surat perjanjian tersebut tidak ada saksi, dan surat perjanjian tersebut tidak di buat oleh pejabat yang berwenang yaitu notaris. Seharusnya dalam pembuatan surat perjanjian tersebut supaya sah secara hukum harus merupakan akta otentik yang di buat oleh pejabat yang berwenang yaitu notaris dan dihadirkan oleh saksi-saksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ISWANTORO, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:03
Last Modified: 18 Aug 2015 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum