PELAKSANAAN KONVERSI TANAH LETTER C DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NO. 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH)

LUTFI ARIFANI, NIM.11340036 (2015) PELAKSANAAN KONVERSI TANAH LETTER C DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NO. 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KONVERSI TANAH LETTER C DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NO. 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH))
11340036_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KONVERSI TANAH LETTER C DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NO. 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH))
11340036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendaftaran tanah merupakan hal yang penting tujuan pendaftaran tanah tersebut menjamin kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada masyarakat dan memberikan informasi untuk mengetahui status tanah baik data fisik maupun data yuridisnya. Kurang atau minimnya bukti kepemilikan atas tanah menjadi salah satu penyebab dari minimnya proses pendaftaran hak atas tanah, hal lain yang menjadi penyebab yakni juga minimnya pengetahuan masyarakat akan arti pentingnya bukti kepemilikan hak atas tanah. Untuk proses pembuatan sertifikat tanah mereka harus memiliki surat-surat kelengkapan untuk tanah yang mereka miliki, akan tetapi pada kenyataanya tanah-tanah yang dimiliki masyarakat pedesaan di Kabupaten Gunungkidul itu dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyang mereka.Untuk tanah yang dimiliki surat minim itu biasanya berupa letter C. Letter C di peroleh dari kantor desa dimana tanah itu berada.Letter C merupakan tanda bukti berupa catatan yang berada di kantor desa/kelurahan. Melalui pendaftaran tanah atau konversi dapat memberikan jaminan berupa penerbitan sertifikat terhadap pemegang hak atas tanah.Berangkat dari latar belakang tersebut penyusun berusaha untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konversi tanah letter C di Kabupaten Gunungkidul serta kendala apa yang dihadapi dalam pelaksanaan tersebut. Dalam penyusunan penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Gunungkidul. Sifat penelitiannya menggunakan sifat penelitian deskriptif yaitu melukiskan tentang sesuatu hal di daerah tertentu dan pada saat tertentu.Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris, pendekatan yuridis digunakan untuk menganalisa berbagai peraturan pendaftaran tanah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konversi tanah letter C di Kabupaten Gunungkidul dilakukan melalui PRONA dan secara sporadik. melalui PRONA di Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2014 telah dijalankan berdasarkan 9 tahap yang sudah ditetapkan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional RI mulai dari tahap persiapan sampai tahap penerbitan sertifikat, dan konversi tanah secara sporadik sudah sesuai dengan prosedur dalam penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah yaitu Pasal 12 dan Pasal 13. Tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaan pendaftran tanah secara sporadik yaitu pemohon tidak mendaftarkan tanahnya sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa orang lain karena jarak antara Kantor Pertanahan dan tempat tinggal pemohon yang jauh pada PRONA pada dasarnya ditujukan untuk kalangan ekonomi lemah. Namun, akibat dari berbagai kendala yang dihadapi oleh petugas dan demi terselenggaranya Kegiatan PRONA tepat waktu, menyebabkan penentuan peserta PRONA tidak tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Konversi, Letter C, Pendaftaran Tanah
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:05
Last Modified: 18 Aug 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum