PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN KEBERSIHAN TERHADAP TINDAK PIDANA VANDALISME YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR

TRIANI FATIMAH, NIM. 11340055 (2015) PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN KEBERSIHAN TERHADAP TINDAK PIDANA VANDALISME YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN KEBERSIHAN TERHADAP TINDAK PIDANA VANDALISME YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR)
11340055_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2002 TENTANG PENGELOLAAN KEBERSIHAN TERHADAP TINDAK PIDANA VANDALISME YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR)
11340055_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan daerah otonom setingkat dengan provinsi yang memeiliki berbagai potensi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah, budaya, pendidikan, dan estetika. Sangat disayangkan apabila nilai-nilai tersebut tidak dijaga dengan baik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dengan memanfaatkan ruang publik sebagai media untuk melakukan perbuatan merusak (vandalisme). Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No. 18 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Kebersihan merupakan produk hukum pemerintah kota sebagai wujud dari komitmen pemerintah dalam mengembalikan dan menciptakan tata ruang lingkup Kota Yogyakarta sebagai kota istimewa. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah Apakah vandalisme yang dilakukan oleh anak di bawah umur dapat dikenai sanksi pidana? Dan, Apakah pelaksanaan di lapangan sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No. 18 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Kebersihan? . Untuk mengetahui permasalahan tersebut maka penyusun dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti dapat langsung menemui Kantor Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta. Untuk mendapatkan data yang valid dalam penelitian ini, penyusun menggunakan beberapa metodologi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah yuridis empiris sehingga dapat menganalisis rumusan masalah yang sudah ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanksi pidana yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan belum bisa diberlakukan terhadap anak di bawah umur karena dalam proses penanganannya belum adanya penyidik khusus anak. Pelaksanaan di lapangan dengan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No. 18 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Kebersihan berkaitan dengan tindak pidana vandalisme yang dilakukan oleh anak di bawah umur adalah kurang sesuai, karena belum adanya Penyidik Anak di dalam Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta yang menangani secara khusus terhadap anak yang berhadapan dengan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: AHMAD BAHIEJ, S.H., M.HUM.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No. 18 Tahun 2002, Tindak Pidana, Vandalisme, Anak di Bawah Umur.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:24
Last Modified: 18 Aug 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum