UPAYA PENYIDIK KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MELAKUKAN OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA DALAM TINDAK PIDANA (2014-2015)

HANDOKO, NIM. 11340060 (2015) UPAYA PENYIDIK KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MELAKUKAN OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA DALAM TINDAK PIDANA (2014-2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENYIDIK KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MELAKUKAN OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA DALAM TINDAK PIDANA (2014-2015))
11340060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENYIDIK KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MELAKUKAN OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA DALAM TINDAK PIDANA (2014-2015))
11340060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyidikan merupakan serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam undang- undang. Dalam melakukan tugas penyidikan, penyidik diberi kewenangan untuk melakukan tindakan yang memungkinkan diselesaikannya proses penyidikan. Untuk mengetahui lebih mendalam upaya apa yang dilakukan penyidik dalam melakukan olah tempat kejadian perkara dalam tindak pidana perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian. Permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah: bagai mana upaya penyidik Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta dalam melakukan olah tempat kejadian perkara tindak pidana. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui upaya penyidik kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta dalam melakukan olah tempat kejadian perkara. Penyusun Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah Ditreskrimum Polda DIY, Alat dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Untuk menjamin kebenaran data yang dikumpulkan dalam penelitian Upaya Penyidik Kepolisian Derah Istmewa Yogyakarta dalam Melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara maka diperlukan adannya validitas data yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode analisis datanya adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, redaksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Prosedur penelitian ini dibagi dalam empat tahap yaitu, tahap sebelum kelapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penyidikan di Polda DIY dilakukan dengan menempuh beberapa langkah diantaranya dengan menentukan waktu kejadian, alat yang digunakan, cara serta dengan perantara apa, apa kerugian akibat dugaan tindak pidana itu, apakah dugaan tindak pidana itu ada aturan hukum yang dilanggar, sedangkan pelaksanaan olah tempat kejadian perkara di Polda DIY dengan menggunakan beberapa metode yang dilakukan diantaranya adalah metode sepiral (spiral methode), metode zone (zone methode), metode strip dan strip ganda (strip methode and strip double setrip methode), metode ganda (whll methode), kemudian beberapa upaya yang dilakukan penyidik Ditreskrimum Polda DIY dalam melakukan olah tempat kejadian perkara Pidana diantaranya adalah: meningkatkan kinerja petugas penyidik, meningkatkan koordinasi petugas TP TKP, perencanaan pembentukan unit TKP, memperhatikan pembagian tugas olah TKP, meningkatkan gerak dalam menangani kasus, memberi penyuluhan pada masyarakat serta membangun kerjasama dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ACH TAHIR, S.H.I, S.H., LL.M., MA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: penyidikan, kepolisian, olah tempat kejadian perkara.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Aug 2015 08:27
Last Modified: 18 Aug 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum