PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DAN SHALAT DHUHA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA

WINARNI, NIM.11470140 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DAN SHALAT DHUHA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DAN SHALAT DHUHA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA)
11470140_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DAN SHALAT DHUHA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA)
11470140_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Karakter pada kegiatan Tadarus Al-Qur’an dan Shalat Dhuha dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatdari kegiatan Tadarus Al- Qur’an dan Shalat Dhuha siswa kelas VIII MTs Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang studi kasus pada Madarasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Adapun yang menjadi narasumber adalah Kepala Madrasah, Guru Fikih, dan Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan Tadarus Al- Qur’an dan Shalat Dhuha di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta merupakan kegiatan rutin setiap pagi, kegiatan tadarus ini dipimpin oleh Guru yang akan mengajar pada jam pelajaran pertama. Sedangkan siswa yang terjadwal melaksanakan Shalat Dhuha berjamaah, langsung mempersiapkan diri berwudhu. Siswa laki-laki melaksanakan shalat di Masjid milik warga di samping Madrasah, sedangkan siswa perempuan melaksanakan shalat di Mushala Madrasah. Shalat Dhuha berjamaah dipimpin oleh guru piket.Nilai-nilai Pendidikan karakter yang tertanam pada kegiatan Tadarus Al-Qur’an dan Shalat Dhuha siswa kelas VIII di MTs Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta meliputi 11 karakter yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab. Faktor pendukung yaitu: Kesiapan dari para guru pendamping, minat siswa mengikuti kegiatan Shalat Dhuha cukup tinggi, adanya presensi Shalat Dhuha sebagai salah satu alat untuk memotivasi siswa agar terus melaksanakan Shalat Dhuha berjamaah. Faktor Penghambat yaitu: Kurangnya dukungan dari orangtua,ketidakseimbangan fasilitas peribadatan dengan jumlah siswa dan pendamping, kurangnya kesadaran siswa untuk membawa alas kaki sendiri, sehingga mengulur waktu ketika mereka mengantri alas kaki temannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tadarus Al-Qur’an, Shalat Dhuha
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2015 11:24
Last Modified: 19 Aug 2015 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum