PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE HALAQAH DI ORGANISASI MASYARAKAT WAHDAH ISLAMIYAH KOTA YOGYAKARTA

YUSUF AL BASIT, NIM. 11470041 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE HALAQAH DI ORGANISASI MASYARAKAT WAHDAH ISLAMIYAH KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
11470041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang diangkat oleh penulis dalam penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter yang optimal, guna mengurangi krisis moral yang terjadi pada era globalisasi saat ini. Dimana pada era ini terjadi kemerosotan moral baik dikalangan remaja maupun dewasa. Wahdah Islamiyah sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang dakwah dan tarbiyah Islamiyah (pendidikan Islam) memiliki peran dalam mengurangi resiko krisis moral yang terjadi pada zaman sekarang ini. Dengan gerakan yang dinamakan tarbiyah Islamiyah Wahdah Islamiyah membina masyarakat dengan sistem halaqah. Dalam sistem halaqah di Wahdah Islamiyah kota Yogyakarta memiliki karakteristik seperti: pembinaan aqidah, pembinaan akhlak, pembinaan hafalan Al-Qur’an dan hadits, dan pembinaan amal ibadah. Pendidikan melalui sistem halaqah ini sangat memperhatikan generasi muda sebagai pengemban amanah dalam kehidupan selanjutnya. Sistem pembelajaran halaqah di Wahdah Islamiyah Kota Yogyakarta merupakan sistem pembelajaran yang dinilai cukup efektif dalam membentuk karakter peserta didiknya menjadi seorang individu yang memiliki kepribadian religius dan berakhlak mulia serta memiliki jiwa yang mampu mengemban amanah dakwah sebagai upaya mengurangi resiko krisis moral yang kini tengah terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik pendidikan karakter dengan menggunakan sistem halaqah yang dikembangan oleh Organisasi Masyarakat Wahdah Islamiyah Kota Yogyakarta, serta dampak yang dirasakan oleh peserta didiknya yang telah mengikuti pendidikan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam penelitian ini digunakan pendekatan fenomenologi dan pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik pendidikan karakter dengan sisiten halaqah mengedepan kan aspek aqidah, akhlak, amal ibadah, hafalan Al-Qur’an dan hadits serta tarbiyah jasadiyah (pendidikan jasmani). Proses pembelajaran tersebut memperhatikan tingkat kompetensi setiap peserta didiknya, sehingga pembelajaran disusun dengan berjenjang. Pendidikan karakter yang dikembangkan oleh Wahdah Islamiyah Kota Yogyakarta telah terbuki efektif dalam membentuk karakter seseorang yang memiliki pribadi religius dan berakhlak mulia. Pembelajaran halaqah di Wahdah Islamiyah dinilai telah sesuai dengan sistem pendidikan Islam sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sibawaihi, M.AG., MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Halaqah, Tarbiyah Islamiyah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Aug 2015 15:42
Last Modified: 19 Aug 2015 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum