ETIKA PELAJAR DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

USWATUN HASANAH, NIM. 11470047 (2015) ETIKA PELAJAR DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470047_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
11470047_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa ada beberapa persoalan yang kini harus dihadapi oleh sistem pendidikan nasional. Salah satunya adalah menurunnya akhlak dan moral pelajar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, untuk mendapatkan pemahaman tentang konsep pelajar menurut KH. M. Hasyim Asy’ari. Kedua. untuk mengetahui konsep etika pelajar menurut KH. M. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al ‘Alim wa al-Muta’allim. Ketiga, untuk mengetahui relevansi etika pelajar yang terkandung dalam kitab Adab al ‘Alim wa al-Muta’allim dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitan ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah: pertama, pelajar menurut pandangan KH. M. Hasyim Asy’ari adalah seseorang yang harus memiliki kontinuitas dan konsentrasi penuh, serta memiliki moralitas dan motivasi yang tinggi. Kedua, etika pelajar menurut pandangan KH. M. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al ‘alim wa al-Muta’allim, menyajikan sebuah konsep bahwa etika bagi pelajar dalam pandangan KH. M. Hasyim Asy’ari terbagi ke dalam dua kategori, yaitu: (1) pendidikan batiniah/rohani, diantaranya meliputi pembersihan hati, sabar, dan lainnya. (2) pendidikan jasmani, diantaranya meliputi; tidak makan terlalu kenyang, dan lainnya. Berkaitan dengan etika terhadap guru, KH. M. Hasyim Asy’ari menekankan kepada pelajar untuk memberi penghormatan yang tinggi kepada guru, mengingat guru adalah seseorang yang telah berjasa dalam mengarahkan dan membimbing pelajar dalam menuntut ilmu. Berkaitan dengan etika pelajar dalam belajar, KH. M. Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa seorang pelajar harus sungguhsungguh dalam mencari ilmu serta sebisa mungkin dapat mengamalkan ilmunya ketika sudah selesai mencari ilmu. Berkaitan dengan etika pelajar terhadap buku, KH. M. Hasyim Asy’ari menekankan kepada pelajar untuk mampu memiliki dan memelihara buku-buku pelajaran yang menjadi bahan belajarnya. Ketiga, tujuan pendidikan nasional yang termaktub dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, berdasarkan penelitian, memiliki relevansi terhadap etika pelajar dalam kitab Adab al ‘alim wa al- Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari. Yaitu: sama-sama berusaha untuk menjadikan pelajar sebagai pribadi yang mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Juwariyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Etika Pelajar, Adab al ‘alim wa al-Muta’allim, KH. M. Hasyim Asy’ari, Tujuan Pendidikan Nasional.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Aug 2015 15:59
Last Modified: 19 Aug 2015 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16988

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum