PEMANFAATAN DANA TRIWULAN SANTRI DARI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) SAFINATURRAHMAH SAPEN

UMI HANIATUL KHAMIDAH, NIM. 11470063 (2015) PEMANFAATAN DANA TRIWULAN SANTRI DARI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) SAFINATURRAHMAH SAPEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470063_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
11470063_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pemerintah dalam membantu perkembangan lembaga pendidikan nonformal melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yaitu adanya bantuan dana triwulan santri yang diberikan untuk lembaga TPA. Dana tersebut bertujuan untuk perkembangan pengelolaan TPA, akan tetapi dalam pentasyarufannya atas nama santri yang tidak mampu. Dana tersebut awal mula diterima TPA Safinaturrahmah Sapen pada akhir tahun 2012, akan tetapi pada tahun 2013 sampai 2015 menjadi pemasukan terbesar di TPA Safinaturrahmah Sapen serta memperngaruhi dalam penyelenggaraan manajemen di lembaga tersebut. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui manajemen dana triwulan santri dari BAZNAS Kota Yogyakarta, serta pemanfaatan dana triwulan santri untuk meningkatkan manajemen penyelenggaraan lembaga TPA Safinaturrahmah Sapen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber penelitian yaitu dari pengelola BAZNAS Kota Yogyakarta, direktur, sekretaris, serta bendahara TPA Safinaturrahmah Sapen. Selanjutnya triangulasi data dilakukan dengan mengambil data dari pengelola BAZNAS dan dua asatidz lain TPA Safinaturrahmah Sapen. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan dana triwulan santri dari BAZNAS Kota Yogyakarta digunakan oleh TPA Safinaturrahmah Sapen setiap triwulannya lebih sering digunakan untuk membayar infaq santri setiap bulan. Sesekali pernah digunakan untuk membayar seragam santri yang tidak mampu. Selanjutnya setelah diberi label infaq santri, dana triwulan tersebut digunakan untuk keperluan penyelenggaraan TPA Safinaturrahmah Sapen, seperti kelengkapan fasilitas pembelajaran, pendukung program kerja tiap-tipa devisi, serta bisaroh untuk asatidz TPA Safinaturrahmah Sapen. Program kerja selama periode 2013-2015 terstruktur dan dilaksanakan secara rutin sesuai dengan waktunya, kelengkapan fasilitas pendukung pembelajaran dan asatidz yang kreatif merupakan daya dukung lembaga TPA Safinaturrahmah Sapen dalam meningkatkan penyelenggaraan manajemennya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manfaat, Manajemen Dana, Peningkatan, TPA
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Aug 2015 16:08
Last Modified: 19 Aug 2015 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum