PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (STUDI DI KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

ZACKY NOUVAL, NIM. 11340106 (2015) PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (STUDI DI KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (STUDI DI KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
11340106_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (STUDI DI KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
11340106_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin menunjukan kemajuannya, terutama dalam dunia perbankan yang salah satunya adalah perbankan syariah maka permasalahan yang dihadapinya pun semakin bertambah, banyak bank yang mengalami masalah sampai dinyatakan tidak sehat dan tentunya ini akan menimbulkan kerugian bagi semua pihak baik itu pengusaha, pemilik bank dan tentunya nasabah bank. Oleh karena itu perlu adanya pengawasan yang intensif dan spesifik terhadap bank-bank tersebut sehingga dapat meminimalisir permasalahan yang akan didera. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana model/tipe pengawasan terhadap perbankan syariah yang dilakukan oleh OJK DIY?, Apa saja Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengawasan perbankan syariah yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta? Adapun metode penelitian yang penyusun gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif anaitis. Metode deskriptif anaitis diperoleh melalui data yang bersumber dari hasil observasi, hasil wawancara, telaah pustaka, serta sumber-sumber lain yang medukung. Penelitian lapangan (field research) dengan mencari sumber data langsung dari lapangan yaitu OJK DIY melalui pengumpulan data dan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian dari ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pengawasan terhadap perbankan syariah di DIY Otoritas Jasa Keuangan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada yaitu melakukan pengawasan perbankan syariah dengan ruang lingkup perbankan yang berkantor pusat di DIY saja dalam arti lain tidak semua perbankan yang berbasis syariah yang berada di DIY berada dalam pengawasan OJK DIY. Adapun bentuk pengawasannya yaitu pengawasan aktif dan pengawasan pasif dengan tiga sistem yaitu Pengawasan berdasarkan kepatuhan (Compliance Based Supervision/CBS), Pengawasan berdasarkan Risiko (Risk Based Supervision/RBS) dan Pengawasan Terintegrasi. Dalam melaksanakan tugasnya OJK DIY telah bekerja sedemikian rupa, tapi masih banyak menemukan permasalahan atau kendala baik dari internal maupun ekternal. Kendala internal yaitu kendala personal SDM yang belum sepenuhnya memadai, masalah regulasi dll, adapun kendala ekternal yaitu masih banyak pihak bank yang tidak taat dan patuh akan regulasi yang sudah ada, dalam arti lain masih belum adanya kesadaran dari pihak bank untuk mentaati peraturan main yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. SRI WAHYUNI, M.Ag., M.Hum 2. FAISAL LUQMAN H, S.H., M.Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:14
Last Modified: 20 Aug 2015 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum