PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS HILANGNYA BARANG KIRIMAN (STUDI KASUS ANTARA VIOLETTA DAN TIKI CABANG YOGYAKARTA DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA)

ANDI RIYANTO, NIM. 11340111 (2015) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS HILANGNYA BARANG KIRIMAN (STUDI KASUS ANTARA VIOLETTA DAN TIKI CABANG YOGYAKARTA DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS HILANGNYA BARANG KIRIMAN (STUDI KASUS ANTARA VIOLETTA DAN TIKI CABANG YOGYAKARTA DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA))
11340111_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS HILANGNYA BARANG KIRIMAN (STUDI KASUS ANTARA VIOLETTA DAN TIKI CABANG YOGYAKARTA DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA))
11340111_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Mengikuti perkembangan dari perekonomian yang modern kebutuhan hidup manusia sangatlah bayak. Baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan. Salah satu kebutuhan tambahan adalah tentang kebutuhan akan jasa pengiriman barang. Jasa titipan kilat atau yang sering dikenal dengan sebutan TIKI merupakan salah satu jasa pengiriman barang. Banyak peristiwa hukum yang berkaitan dengan jasa pengiriman barang,khususnya yang berkaitan dengan perlindungan konsumen pengguna jasa pengiriman barang terhadap hilangnya barang kiriman tersebut. Kenyataan yang ditemukan sering kali klaim yang diajukan oleh pengirim kurang ditanggapi oleh pihak perusahaan pengiriman sehingga menimbulkan sengketa. Hal ini mendorong penyusun untuk membahas tentang perlindungan konsumen pengguna jasa pengiriman barang terhadap hilangnya barang kiriman. Di dalam penelitian ini digunakan rumusan masalah yaitu bagaimanakah upaya perlindungan konsumen yang diberikan oleh pihak TIKI dan Lembaga Konsumen Yogyakarta terhadap konsumen Violetta. Untuk menjawab pokok permasalahan tersebut di atas yang merupakan penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library) , maka penyusun menggunakan metode pendekatan normatif doktrinal. Yakni metode pendekatan mengenai kesesuaian dari pihak LKY dan TIKI dalam melindungi konsumen yang dikonsepsikan berdasarkan peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kemudian seluruh data dianalisa secara deskriptif-kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa pihak LKY sebagai lembaga yang melindungi hak-hak konsumen menerima aduan dari Violetta yaitu konsumen dari TIKI. Aduan yang diterima oleh LKY berisi tentang hilangnya barang pengiriman yang seharusnya dalam 1 wadah yang berisikan payung dan 5 pcs kosmetik senilai Rp.960.000. TIKI melakukan kesalahan yaitu kelalaian dari pihak TIKI yang kurang hati-hati dalam melaksanakan tugasnya sehingga menyebabkan barang kiriman hilang. Pihak TIKI juga melakukan pelanggaran hak-hak konsumen sesuai dengan Pasal 10 Undang-Undang Perlindungan Konsumen yaitu informasi yang menyesatkan oleh pihak TIKI kepada konsumen yang merasa bahwa informasi dari pihak TIKI Yogyakarta berbeda dengan apa yang dikemukakan oleh pihak TIKI Tasikmalaya. Upaya perlindungan konsumen yang dilakukan oleh TIKI yaitu yang ada pada kontrak baku dari Pihak TIKI mengenai penggantian barang 10 kali biaya pengiriman merupakan kebijakan dan bukan merupakan nilai ganti rugi semestinya yang harus diterima oleh Violetta yang diatur dalam pasal 19 ayat (1) dan (2). Upaya perlindungan konsumen dari pihak LKY sebagai Lembaga Perlindungan Konsumen melakukan mediasi untuk mencapai kesepakatan bersama antara pihak Violetta dan TIKI. Tindakan yang dilakukan oleh Lembaga Konsumen Yogyakarta sesuai dengan Pasal 47 UUPK yang pada intinya untuk mencapai kesepakatan yaitu dengan cara mediasi dengan nilai ganti kerugian Rp. 960.000,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.HUM. 2. NURAINUN MANGUNSONG, S.H., M.HUM.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:19
Last Modified: 20 Aug 2015 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum