PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PEMILIK KIOS SAPHIR SQUARE SETELAH PUTUSAN NOMOR 13 PAILIT/2009/PN.SMG OLEH PENGADILAN NIAGA SEMARANG jo PUTUSAN NOMOR 290 K/PDT.SUS/2012 OLEH MAHKAMAH AGUNG

RAHMANTIO ARYO DAMAR, NIM. 11340133 (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PEMILIK KIOS SAPHIR SQUARE SETELAH PUTUSAN NOMOR 13 PAILIT/2009/PN.SMG OLEH PENGADILAN NIAGA SEMARANG jo PUTUSAN NOMOR 290 K/PDT.SUS/2012 OLEH MAHKAMAH AGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PEMILIK KIOS SAPHIR SQUARE SETELAH PUTUSAN NOMOR 13 PAILIT/2009/PN.SMG OLEH PENGADILAN NIAGA SEMARANG jo PUTUSAN NOMOR 290 K/PDT.SUS/2012 OLEH MAHKAMAH AGUNG)
11340133_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (48MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK PEMILIK KIOS SAPHIR SQUARE SETELAH PUTUSAN NOMOR 13 PAILIT/2009/PN.SMG OLEH PENGADILAN NIAGA SEMARANG jo PUTUSAN NOMOR 290 K/PDT.SUS/2012 OLEH MAHKAMAH AGUNG)
11340133_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Kepailitan yang menimpa PT. Saphir Yogya Super Mall menimbulkan banyak persoalan yang harus diselesaikan. Salah satu contohnya adalah lemahnya perlindungan hukum terhadap pembeli kios akibat adanya wanprestasi yang dilakukan oleh PT. Saphir Yogya Super Mall atas Perjanjian Perikatan Jual Beli yang mengakibatkan adanya kepailitan yang berdampak kepada para pembeli kios yang telah sah melakukan pembelian atas unit kios Saphir Square. Pembeli kios dalam kepailitan PT. Saphir Yogya Super Mall hanya berkedudukan sebagai kreditur konkuren yang pemberian ganti kerugiannya mengunakan prisip pari pasu pro rata. Yang penyusun kaji dalam sekripsi ini adalah upaya perlindungan hukum atas hak-hak pemilik kios atas Pailitnya PT. Saphir Yogya Super Mall. Penelitian yang berjudul Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Pembeli Kios Saphir Square Setelah Adanya Putusan Nomor 290 K/Pdt.Sus/2012 oleh Mahkamah Agung. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penyusun melakukan penelitian lapangan (Field Research) yang bersumber dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari kuasa hukum pemilik kios LBH Yogyakarta dengan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian didapat bahwa Ketentuan yang ada di Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pebayaran Utang tidak sepenuhnya mengawal pelunasan piutang kreditor konkuren hingga selesai. Ini dapat dibuktikan dengan adanya permasalahan yang timbul selepas harta pailit dilakukan pemberesan oleh kurator. Masalah tersebut berupa masih ada ketidak puasan dari kreditor konkuren terhadap pembagian harta pailit oleh kurator ataupun kurangnya harta pailit yang seharusnya diterima oleh kreditor konkuren, sedangkan perlindungan hukum terhadap hak-hak pemilik kios adalah pemberian somasi melalui kuasa hukum pemilik kios atas wanprestasi PT. Saphir Yogya Super Mall dengan tuntutan agar penjual dapat merealisasikan pembuatan Akta Jual Beli dan pembuatan Sertipikat Hak milik strata tittle, setelah gugatan kepailitan PT. Saphir Yogya Super Mall dan adanya daftar pembagian boedel pailit oleh kurator yang isinya menetapkan para pembeli sebagai kreditur konkuren dan hanya mendapatkan ganti rugi 47% dari tagihan yang diakui. Atas dasar Pasal 193 Ayat (1) UU No 37 Tahun 2004 tim kuasa hukum krditur konkuren mengajukan keberatan atas daftar pembagian yang dibuat kurator yang disahkan oleh hakim pengawas ke panitera Pengadilan Niaga Semarang. Setelah mendengar keberatan dari kreditur hakim pengawas memutuskan dalam amar putusannya menolak keberatan yang disampaikan oleh kreditor, pemilik kios menurut Pasal 196 UU Kepailitan No 37 Tahun 2004 melalui kuasa hukumnya seharusnya masih dapat melakukan upaya hukum kasasi dengan batas waktu 8 hari setelah ditolaknya keberatan tersebut dan mengajukan gugatan atas wanprestasi PT. Saphir Yogya Super Mall atas Perjanjian Pengikatan Jual Beli ke Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H.,M.Hum. 2. ISWANTORO, S.H.,MH.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:41
Last Modified: 20 Aug 2015 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum