TINJAUAN YURIDIS ATAS PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 77 TAHUN 2013 TENTANG PENGENDALIAN PEMBANGUNAN HOTEL TERHADAP IZIN PENDIRIAN HOTEL DI KOTA YOGYAKARTA

EVY DWI NURMALA, NIM. 11340135 (2015) TINJAUAN YURIDIS ATAS PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 77 TAHUN 2013 TENTANG PENGENDALIAN PEMBANGUNAN HOTEL TERHADAP IZIN PENDIRIAN HOTEL DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS ATAS PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 77 TAHUN 2013 TENTANG PENGENDALIAN PEMBANGUNAN HOTEL TERHADAP IZIN PENDIRIAN HOTEL DI KOTA YOGYAKARTA)
11340135_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS ATAS PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 77 TAHUN 2013 TENTANG PENGENDALIAN PEMBANGUNAN HOTEL TERHADAP IZIN PENDIRIAN HOTEL DI KOTA YOGYAKARTA)
11340135_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pembangunan sudah menjadi suatu permasalahan biasa di setiap negara, termasuk Indonesia. Permasalahan pembangunan yang timbul adalah masalah pembangunan hotel di perkotaan. Yogyakarta sebagai kota pariwisata perlu diimbangi dengan ketersediaan sarana prasarana akomodasi perhotelan bagi para wisatawan baik lokal maupun asing untuk terciptanya kota pariwisata yang nyaman. Kondisi ini menjadi lahan subur para pebisnis. Namun, seringkali menimbulkan protes masyarakat yang merasa tempat tinggalnya tidak nyaman lagi mengingat sempitnya lahan kota Yogyakarta. Pembangunan hotel-hotel mengakibatkan masalah lingkungan. Untuk menyikapi permasalahan tersebut Pemerintah Kota Yogyakarta mengeluarkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 77 Tahun 2013 Tentang Pengendalian Pembangunan Hotel. Prinsip Peraturan Walikota tersebut menghentikan sementara (moratorium) Permohonan Izin Mendirikan Bangunan Hotel Per 1 Januari 2014 sampai dengan 31 Desember 2016. Permasalahan tersebut diangkat penyusun dalam skripsi menjadi tema penelitian. Adapun pokok permasalahannya adalah mengapa pendirian hotel di kota Yogyakarta cukup tinggi dan apakah izin pendirian hotel di Yogyakarta sudah sesuai dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 77 Tahun 2013 Tentang Pengendalian Pembangunan Hotel. Pendekatan yang dipakai penyusun adalah pendekatan yuridis-empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek hukum regulasi yang mengatur perizinan adalah Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 77 Tahun 2013 Tentang Pengendalian Pembangunan Hotel, menyulitkan para peminat bisnis perhotelan karena proses perizinan yang ditawarkan cepat dan mudah pada kenyataannya menghabiskan banyak waktu. Namun, tidak dipungkiri masih ada oknum di lapangan yang melancarkan perizinan pembangunan hotel. Maka untuk mengatur pembangunan hotel di kota Yogyakarta diperlukan regulasi yang lebih tegas dan mengikat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DR. SITI FATIMAH, S.H., M.Hum 2. ISWANTORO, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: izin, moratorium, hotel
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:44
Last Modified: 20 Aug 2015 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum