PERAN PERILAKU SOSIAL PARA USTAZ DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL PARA SANTRI TPA FATHUL ISLAM MASJID NGADISURYAN YOGYAKARTA

AIDA DEWI ASTUTI, NIM. 11540007 (2015) PERAN PERILAKU SOSIAL PARA USTAZ DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL PARA SANTRI TPA FATHUL ISLAM MASJID NGADISURYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PERILAKU SOSIAL PARA USTAZ DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL PARA SANTRI TPA FATHUL ISLAM MASJID NGADISURYAN YOGYAKARTA)
11540007_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PERILAKU SOSIAL PARA USTAZ DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL PARA SANTRI TPA FATHUL ISLAM MASJID NGADISURYAN YOGYAKARTA)
11540007_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan perilaku sosial. Penelitian ini jika ditinjau dari lokasinya merupakan penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian ini adalah beberapa ustaz dan beberapa santri TPA Fathul Islam Masjid Ngadisuryan Yogyakarta. Subyek santri dalam penelitian ini berusia 4-18 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, teknik analisis data yang digunakan analisis interaksi. Dan pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu peran Alimul Azis dan perilaku sosial Albert Bandura. Kualitas hubungannya adalah antara ustaz dan santri, yaitu kualitas peran dan nilai perilaku sosial. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif antara peran ustaz, perilaku sosial santri, dan kualitas peran ustaz terhadap perilaku sosial pada santri. Secara bersama-sama kualitas peran ustaz memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku sosial kepada santri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang mayoritas positif antara kualitas peran ustaz dengan nilai perilaku sosial kepada santri. Semakin baik kualitas peran ustaz yang diberikan maka semakin baik pula nilai perilaku sosial kepada santri, sebaliknya semakin rendah peran ustaz yang diberikan kepada santri maka semakin rendah nilai perilaku sosial kepada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Amin Lc, MA.
Uncontrolled Keywords: Peran para ustaz dan nilai perilaku sosial para santri.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Aug 2015 08:16
Last Modified: 20 Aug 2015 08:16
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item