NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KOMPARASI BUKU PAI KTSP 2006 DENGAN PAI DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SMP KELAS VII)

NIKUWATI, NIM. 11470072 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KOMPARASI BUKU PAI KTSP 2006 DENGAN PAI DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SMP KELAS VII). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470072_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
11470072_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nikuwati. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter (Studi Komparasi Buku PAI KTSP dengan PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMP Kelas VII). Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta yang ada berkaitan dengan karakter bangsa yang semakin hari semakin bobrok. hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya tawuran antar pelajar bahkan pelecehan antar peserta didik. Pendidikan karakter yang dicanangkan dari tahun 2010 silam dianggap belum mampu menembus rating tinggi dan mencetak peserta didik yang berkarakter tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai karakter yang ada dalam buku PAI KTSP dan PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 di SMP Kelas VII dan sekaligus untuk mengetahui persamaan dan perbedaan dari kedua buku PAI tersebut dilihat dari nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Pustaka (library research) dengan menggunkana metode content analysis (analisis isi) dan metode constant comparative analysis (analisis perbandingan tetap). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan komparatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitina ini yaitu metode dokumentasi dengan menggunakan beberapa buku, jurnal dan yang terkait. Penyajian data disajikan secara deskripsi dan tabel agar mudah untuk dipahami. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, buku PAI KTSP menghasilkan nilai-nilai karakter religius, disiplin, peduli sosial, peduli lingkungan, kerja keras, toleransi, tanggung jawab, cinta damai, dan komunikatif/bersahabat. Kedua, buku PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 menghasilkan nilai-nilai karakter religius, disiplin, peduli sosial, rasa ingin tahu, kerja keras, gemar membaca, tanggung jawab, cinta damai, komunikatif/bersahabat, toleransi, dan jujur. Ketiga, muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam kedua buku tersebut memiliki banyak kesamaan daripada perbedaan. Materi yang disampaikannya pun juga memiliki kemiripan, sehingga pesan nilai-nilai karakter yang disampaikan tidak jauh berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: PAI, KTSP, Kurikulum 2013, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Persamaan dan Perbedaan.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Aug 2015 15:48
Last Modified: 20 Aug 2015 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum