MANAJEMEN PEMASARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

DEWI FATONAH, NIM. 11470083 (2015) MANAJEMEN PEMASARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470083_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
11470083_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewi Fatonah. Manajemen Pemasaran di MAN Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui manajemen pemasaran yang digunakan di MAN Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran yang digunakan, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam memasarkan lembaga pendidikannya, dan untuk mengetahui dampak terhadap input dan output dengan manajemen pemasaran yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan/ kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Dalam penelitian ini, angket digunakan untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan peserta didik terhadap pelayanan manajemen pemasaran di MAN Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, waka humas, orang tua/ wali peserta didik, dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi pemasaran MAN Maguwoharjo meliputi unsur 7P, yang biasa dikenal dengan marketing mix atau bauran pemasaran. Marketing mix terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang/ SDM), Physical evidence (bukti fisik), dan Process (proses). Secara umum masing-masing unsur bauran pemasaran tersebut sudah baik. Namun persentase tingkat kepuasan peserta didik sebesar 43% menyatakan bahwa peserta didik kurang puas terhadap pelayanan manajemen pemasarannya. Hambatan yang dihadapi adalah kurangnya fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran khususnya fasilitas untuk peserta didik tuna netra, banyaknya masyarakat sekitar yang belum mengetahui Madrasah Aliyah, sebagian masyarakat memandang sebelah mata terhadap madrasah, dari segi keuangan, MAN Maguwoharjo kekurangan dana untuk mengembangkan madrasahnya, dari segi SDM, kurangnya kesadaran untuk bekerjasama, dan kepedulian antar pendidik, tata usaha, dan stakeholder dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Dampak terhadap input adalah masyarakat mulai mengetahui keberadaan MAN Maguwoharjo, masyarakat mulai menaruh kepercayaan kepada madrasah, sehingga mereka menyekolahkan putra-putrinya ke MAN Maguwoharjo, jumlah pendaftar 2, 3 tahun terakhir melebihi kuota. Sedangkan dampak output adalah peserta didiknya lulus 100% selama 2 tahun berturut-turut, dari 100% tersebut, sebagian besar bekerja, dan 25% melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta, lulusannya dapat diterima diperguruan tinggi negeri dan swasta melalui berbagai jalur pendaftaran, dengan dibekali ketrampilan, mereka dapat mengembangkannya di dunia kerja maupun dunia pendidikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. Eni MUnastiwi, MM.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemasaran, Bauran Pemasaran (Marketing mix
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Aug 2015 16:42
Last Modified: 20 Aug 2015 16:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum