KONTRIBUSI MANAJEMEN WAKTU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ATIQ VIVI AINUL MUFIDAH, NIM. 11470098 (2015) KONTRIBUSI MANAJEMEN WAKTU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470098_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text
11470098_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum yang diterapkan Boarding School merupakan perpaduan antara ilmu umum dan ilmu agama sehingga materi pelajaran yang harus dikuasai siswa cukup banyak. Selain itu, kegiatan siswa Boarding School tidak sedikit. Oleh karena itu, pengelolaan waktu antara waktu belajar dan kegiatan sehari-hari perlu dilakukan. Boarding School merupakan model sekolah berasrama sehingga mewajibkan siswa tinggal di lingkungan asrama. Lingkungan Boarding School diperkirakan lebih berpengaruh terhadap perkembangan siswa daripada lingkungan lainnya seperti lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi/sumbangan manajemen waktu dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA MBS Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen yaitu manajemen waktu (X1) dan lingkungan belajar (X2). Data kedua variabel tersebut dikumpulkan dengan metode angket. Sedangkan variabel dependen yaitu prestasi belajar (Y) diperoleh dari data rata-rata nilai rapor semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh populasi kelas XI SMA MBS sejumlah 80 siswa ditentukan sebagai responden penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, kontribusi manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa sebesar 10,8% (R2=0,108) dan 89,2% (100% - 10,8%) dipengaruhi oleh variabel lain. Kedua, kontribusi lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa hanya sebesar 0,6% (R2=0,006) selebihnya sebesar 99,4% (100% - 0,6%) dipengaruhi oleh variabel lain. Karena terlalu kecil kontribusinya, menurut uji hipotesis menunjukkan tidak ada kontribusi dari lingkungan belajar MBS Yogyakarta. Ketiga, kontribusi manajemen waktu dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 11,5% (R2=0,115) sedangkan sisanya sebesar 88,5% (100% - 11,5%) dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Aug 2015 18:43
Last Modified: 20 Aug 2015 18:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum