MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA

KHAIRUNNISA, NIM. 11470111 (2015) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (33MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta, serta untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana prasarana, usaha apa saja yang dilakukan, serta faktor pendukung dan penghambat. Adapun hasil penelitian tersebut sudah sesuai dengan teknik pengelolaannya, meliputi perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. 1) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu, diadakannya seleksi SDM, kurikulum yang digunakan, menambah sarana prasarana, standar nilai mutu yang diterapkan, kompetensi ustad lebih ditingkatkan, dan diadakannya evaluasi belajar setiap selesai pembelajaran di kelas, serta dengan ujian berupa tes tertulis dan lisan. Kemudian metode yang digunakan yaitu dengan sorogan, bandongan, dan wetonan. Adapun faktor pendukungnya yaitu melengkapi sarana prasarana pondok, kinerja ustad yang disiplin, dan lingkungan masyarakat yang mendukung. Diantara usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sarana dan prasarana yang memadai merupakan salah satu faktor yang berperan penting untuk menunjang kualitas pendidikan, agar proses pendidikan di sebuah lembaga tersebut berjalan dengan lancar sesuai tujuan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf, SS., M.Si., MM.
Uncontrolled Keywords: Manajemen sarana prasarana dan kualitas pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Aug 2015 19:08
Last Modified: 21 Aug 2015 19:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum