HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ENINDRA PUSPITA WARDANI, NIM. 11470129 (2015) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh orang tua adalah interaksi secara sadar orang tua dengan anak, dalam usaha membimbing, serta mendidik anaknya agar lebih mandiri. Sedangkan kecerdasan sosial adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi sosial, dan kemampuan untuk memahami dan mengelola hubungan manusia. Pola asuh yang diterapkan orang tua akan berpengaruh terhadap berlangsungnya hubungan sosial dengan kepribadian anak sebagai individu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pola asuh orang tua ditinjau dari dua pola asuh yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Dan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII kelas full day school yang berjumlah 140 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi Product Moment dan bantuan SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan hasil perhitungan untuk kategori pola asuh, pola asuh demokratis sebesar 72,8% (91 siswa), sedangkan pola asuh otoriter sebanyak 27,2% (34 siswa). Tingkat kecerdasan sosial dominan tinggi dangan hasil perhitungan hanya 32% (40 siswa) yang mempunyai kecerdasan sosial rendah, dan 68% (85 siswa) mempunyai kecerdasan sosial tinggi. Uji korelasi menunjukkan ada hubungan antara pola asuh orang tua yang diterapkan dalam mendidik anaknya dengan kecerdasan sosial. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Chi-Square, yaitu Chi-Square hitung 4,867 sedangakan besar Chi-Square tabel dengan df = 2 taraf signifikan 5% yaitu 5,99. Oleh karena itu Chi-Square hitung > Chi-Square tabel maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Berdasarkan besarnya nilai probabilitas, pada Asymp.Sig adalah 0,027, sehingga probabilitas berada dibawah 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian berdasarkan besarnya nilai perhitungan dengan menggunakan teknik analisis product moment > . Diketahui pada N= 125 adalah 0,159 pada taraf signifikan 5%. Jadi 0,234>0,159 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pola Asuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Demokratis, Kecerdasan Sosial
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Khusnul Khotimah
Date Deposited: 25 Aug 2015 02:17
Last Modified: 25 Aug 2015 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17054

Actions (login required)

View Item View Item