DISKRIMINASI GENDER DALAM RITUAL SEDEKAH BUMI (ANALISIS GENDER TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN MUSLIM DI DUSUN DUNGUN, KABUPATEN LAMONGAN)

AMBAR RANI FAUZIAH, NIM. 11540070 (2015) DISKRIMINASI GENDER DALAM RITUAL SEDEKAH BUMI (ANALISIS GENDER TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN MUSLIM DI DUSUN DUNGUN, KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISKRIMINASI GENDER DALAM RITUAL SEDEKAH BUMI (ANALISIS GENDER TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN MUSLIM DI DUSUN DUNGUN, KABUPATEN LAMONGAN))
11540070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DISKRIMINASI GENDER DALAM RITUAL SEDEKAH BUMI (ANALISIS GENDER TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN MUSLIM DI DUSUN DUNGUN, KABUPATEN LAMONGAN))
11540070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

Sedekah bumi adalah sebuah tradisi turun temurun yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di pulau Jawa.. Ritual Sedekah Bumi ini menggunakan adat Jawa dengan memasukan unsur-unsur kebudayaan setempat serta dilakukan dengan cara-cara islami yang terkadang ditambahi oleh kepercayaankepercayaan mistik (animisme dan dinamisme). Namun, dalam ritual Sedekah Bumi di Dusun Dungun, Kabupaten Lamongan terkait dengan partisipasi atau keikutsertaan, antara laki-laki dan perempuan memiliki kesenjangan dalam hal berpartisipasi. Perempuan Dusun Dungun hanya memasak dalam rangka proses ritual Sedekah Bumi, selain itu perempuan tidak boleh mengikuti puncak ritual Sedekah Bumi yang berada di TPU. Dari hal tersebut penulis ingin menjawab rumusan masalah di antaranya (1) Bagaimana bentuk-bentuk diskriminasi gender dalam riual Sedekah Bumu, dan seperti apa respon masyarakat terhadap diskriminasi yang terjadi, (2) Bagaimana timbulnya diskriminasi gender dalam ritual Sedekah Bumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti teknik wawancara atau interview, dokumentasi, observasi, yang kemudian dianalisis. Penelitian ini mengacu pada konsep gender yakni suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksi secara sosial maupun kultural. Dalam konsep gender terdapat istilah diskriminasi gender, ada lima jenis dari diskriminasi gender yang diungkapkan oleh Mansour Fakih dalam bukunya Analisis Gender dan Transformasi Sosial yaitu (1) Marginalisasi, (2) Subordinasi. (3) Stereotipe, (4) kekerasan, (5) Beban Ganda. inilah yang akan digunakan sebagai pisau analisis terkait dengan diskriminasi gender yang terjadi di Dusun Dungun. Hasil penelitian menemukan bahwa diskriminasi gender dalam ritual Sedekah Bumi terhadap partisipasi perempuan dalam ritual Sedekah Bumi di Dusun Dungun. Sebagai berikut. Pertama, adanya pengklasifikasian partisipan perempuan dalam ritual Sedekah Bumi klasifikasi tersebut yaitu, partisipan yang mendukung terhadap diskriminasi gender, tidak mendukung dan netral dalam ritual Sedekah Bumi. Kedua, terdapat diskriminasi gender kepada perempuan berbentuk subordinasi, stereotipe, beban ganda dan kekerasan. Ketiga, faktor dari diskriminasi gender di Dusun Dungun disebabkan oleh pendidikan, pemahaman agama dan budaya patriarki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adib Sofia, S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: diskriminasi gender kepada perempuan, subordinasi, stereotipe.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Aug 2015 13:38
Last Modified: 24 Aug 2015 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17068

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum