PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA DOSEN WANITA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

FATNUR LIFAH, NIM. 11470138 (2015) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA DOSEN WANITA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA DOSEN WANITA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11470138_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA DOSEN WANITA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11470138_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mempunyai 29 dosen wanita, dari jumlah tersebut terdapat beberapa dosen yang mempunyai anak berusia 1 sampai 12 tahun. Dosen wanita Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan merupakan seorang pengajar yang bekerja di lembaga pendidikan Islam dan lebih mengetahui pendidikan Agama Islam. Dosen wanita mempunyai tanggung jawab sebagai pendidik di Perguruan Tinggi dan pendidik untuk anaknya di rumah. Dari latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pandangan dosen wanita Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga tentang tujuan Pendidikan Agama Islam bagi anak, mengetahui materi dan metode pendidikan Agama Islam yang digunakan, dan peran dosen wanita dalam mendidik anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purpose sampling. Subjek penelitian ini adalah lima dosen wanita dari berbagai Jurusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data kualitatif dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pendidikan Agama Islam merupakan pondasi dan pilar bagi anak karena mengenalkan Islam sejak dini. Menurut pandangan dosen wanita Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai Islam sejak dalam kandungan, menanamkan keimanan, membentuk generasi Qur’ani, menjadikan anak saleh dan menjadikan insan kamil, 2) (a) Materi yang diberikan dosen wanita kepada anaknya yaitu akidah (tauhid, adzan, iqamat, ayat suci al-Qur’ani dan asmaul husna), ibadah (do’a sehari-hari, hafalan surat pendek, shalat, membaca al-Qur’an),akhlak (menghormati kepada orang tua, guru, tetangga, teman sebaya dan tamu), kepribadian (sopan santun, tutur kata yang baik, rasa tanggung jawab) dan pendidikan seks, (b) Metode yang digunakan seperti keteladanan, pembiasaan, diskusi, perumpamaan, dongeng dan nasihat 3) Peran dosen dalam bekerja adalah mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sedangkan peran dosen wanita dalam mendidik anak yaitu, memberikan kebutuhan jasmani, me

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Anak dan Keluarga Dosen Wanita
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Aug 2015 09:15
Last Modified: 25 Aug 2015 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum