KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PAI UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII MTsN KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KHAIDAROH SHOFIYA F, NIM. 11470131 (2015) KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PAI UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII MTsN KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PAI UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII MTsN KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU PAI UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PAI KELAS VII MTsN KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya kesulitan belajar PAI yang dialami peserta didik. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang belum lancar membaca Al-Quran dengan baik dan benar, khususnya kelas VII, penguasaan peserta didik terhadap baca tulis Arab sebagai materi pengantar yang masih sangat minim serta metode pengajaran yang masih bersifat dogmatis. MTs Negeri Kaliangkrik menjadi salah satu Madrasah yang mencoba mengatasi permasalahan tersebut secara intensif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PAI di kelas VII MTsN Kaliangkrik Magelang. Di samping itu Peneliti juga berupaya memaparkan bagaimana bentuk dan upaya kerjasama yang dilakukan oleh Guru Bimbingan Konseling dengan Guru PAI dalam mengatasi permasalahan yang terjadi serta mengungkap apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya kerjasama yang dilakukan Guru Bimbingan Konseling dengan Guru PAI tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi menjadi cara yang dilakukan untuk menguji keabsahan data yang telah terkumpul. Metode analisis data yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu proses dimana semua data yang telah terkumpul kemudian disusun dan diklarifikasikan selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan dengan kalimat sehingga dapat diperoleh suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PAI bersumber dari siswa, guru dan lingkungan. (2) Kerjasama yang dilakukan oleh Guru BK dengan Guru PAI dilakukan dalam bentuk formal dan informal, adapun upaya yang dilakukan keduanya bersifat preventif (mencegah), preservatif (pemeliharaan) dan kuratif (menyembuhkan). (3) Adapun faktor pendukung dan penghambat kerjasama ini lebih bersumber dari konsistensi kedua pihak tersebut, dukungan struktural serta kesadaran dari peserta didik dan pihak madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.S.I,
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar PAI, MTsN Kaliangkrik Magelang
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:26
Last Modified: 25 Aug 2015 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17078

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum