EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL PADA MAMATERI POKOK KONSEP MOL TAHUN AJARAN 2014/2015

AHMAD NURKHOLIS MAJID, NIM.11670043 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL PADA MAMATERI POKOK KONSEP MOL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL PADA MAMATERI POKOK KONSEP MOL TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL PADA MAMATERI POKOK KONSEP MOL TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan DI, (2) Efektivitas pendekatan saintifik dibandingkan dengan pendekatan direct instruction. Jenis penelitan ini adalah quasi eksperiment dengan Pretest Posttest Group control Design. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel bebas yaitu pendekatan saintifik dan variabel terikat berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah claster random sampling. Berdasarkan pengundian terpilih kelas IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan IIS 2 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan ujian dengan instrumen tes. Teknik statistik yang digunakan adalah statistik parametrik dengan analisis menggunakan uji t, normailized gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, hal ini dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) 0,031 (0,05), 2) pendekatan saintifik lebh efektif dilihat dari nilai effect size 0,62. Nilai ini menununjukan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa cukup meningkat dengan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: Pendekatan saintifk, kemampuan berpikir tingkat tinggi, konsep mol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifk, kemampuan berpikir tingkat tinggi, konsep mol
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Aug 2015 01:24
Last Modified: 26 Aug 2015 01:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item