EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP

IMAMAH, NIM. 11670052 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran SAVI serta variabel terikat berupa pemahaman konsep dasar kimia dan self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, terpilih kelas X D sebagai kelas kontrol dan kelas X F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ujian berupa soal pretest-posttest dan nonujian berupa skala self-efficacy serta dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan nilai N-Gain. Analisis data menggunakan Independent Sampel Test dan Mann Whitney U sesuai dengan karakteristik data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia dengan model SAVI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Auditory-Intellectual-Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep dasar kimia dengan tingkat keefektivan sedang yang ditunjukkan dari nilai N-Gain 0,6099 pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh hasil Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,017 < α 0,05, (2) Pembelajaran kimia dengan model SAVI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Auditory-Intellectual-Repetition (AIR) terhadap self-efficacy siswa dengan tingkat keefektivan rendah yang ditunjukkan dari nilai N-Gain 0,230 pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh hasil Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,024 < α 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran SAVI, pemahaman konsep dasar kimia, selfefficacy, N-Gain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran SAVI, pemahaman konsep dasar kimia, selfefficacy, N-Gain.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:27
Last Modified: 27 Aug 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17098

Actions (login required)

View Item View Item